Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pada Materi Keanekaragaman Hayati

Ummah, Fadillatul (2025) Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pada Materi Keanekaragaman Hayati. BEST, 7 (1): 75. pp. 1136-1142. ISSN 2654 – 4652

[img] PDF
ARTIKEL FADILLATUL UMMAH - 2101080007 - TADRIS BIOLOGI.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pra survey yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa pada mata pelajaran biologi pembelajaran yang dilakukan adalah konvensional, dimana sumber belajar yang digunakan hanya buku LKS, yang menyebabkan rendahnya hasil belajar dan keaktifan siswa. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa pada materi keanekaragaman hayati. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada penelitian ini melibatkan pembelajaran berdiferensiasi konten yang disesuaikan dengan sintak Problem based learning . Data hasil yang diperleh menggunakan metode analisis kuantitatif. Indikator keberhasilan pada penelitian ini sebesar 75%. Hasil penelitian ini terjadi kenaikan hasil belajar sebesar 73% pada siklus I. Pada siklus II, persentase ketuntasan mencapai 93% dan dengan diperoleh peningkatan dari siklus I dan siklus II sebesar 67%. Data hasil yang diperoleh pada keaktifan siswa mengalami peningkatan dari 27,5% pada siklus I, meningkat menjadi 95% pada siklus II, dengan persentase peningkatan 67,5%. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkanya pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem based learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran biologi sub materi keanekaragaman hayati di kelas X MA Ahsanul „Ibad Purbolinggo.

Kata Kunci : Berdiferensiasi, hasil belajar, keaktifan, Problem based learning

Item Type: Article
Subjects: Tadris Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 22 Jan 2025 01:33
Last Modified: 22 Jan 2025 01:33
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10681

Actions (login required)

View Item View Item