Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Dampak Perilaku Konsumtif Mahasiswi Ekonomi Syariah IAIN Metro Terhadap Belanja Online Perspektif Ekonomi Islam

Dewi, Susana (2025) Dampak Perilaku Konsumtif Mahasiswi Ekonomi Syariah IAIN Metro Terhadap Belanja Online Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Susana Dewi - 2103012036 - ESy.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumtif mahasiswi Ekonomi Syariah terhadap belanja onlineserta untuk mengetahui bagaimana dampak perilaku konsumtif perspektif Ekonomi Islam.

Penelitian ini dilakukan di perguruan tinggi Institut Agama Islam Negri (IAIN) Metro lampung. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian lapangan (field research), sedangkan sifat dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi.Semua data yang di peroleh dianalisis secara induktif.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perilaku konsumtif pada mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Metro di tandai dengan adanya sudah terbiasa melakukan pembelian secara online melalui e-commerce di Tiktok Shop dan Shopee. Tingkat impulsifitas pembelian mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah lebih suka membeli barang dikarnakan sedang ada promo, barang yang sedang trend, serta lebih cenderung melakukan pembelian impulsif atau pembelian spontan, tidak terencana, dari pada yang memang benar-benar mereka butuhkan, produk yang sering dibeli seperti Skincare, Make-up, hijab, baju dan tas. Dampak perilaku konsumtif dalam konteks pandangan Islam dampak yang muncul pada mahasiswi dalam berbelanja secara online merupakan perilaku konsumtif yang bertentangan dengan ajaran Islam yaitu dengan adanya pemborosan, masalah finansial maupun perubahan gaya hidup. Dalam pandangan Islam termasuk kedalam Israf (Pemborosan), kikir (Bakhil), Mubazir dan sebagainya adalah sifat tercela tindakan yang tidak dindhai Allah SWT dan siapapun yang melakukannya akan merugikan dirinya sendiri, islam juga sangat menekankan prinsip sederhana, tolong menolong serta berbagi diantara sesamanya, serta mempersempit jurang kesenjangan ekonomi dan sosial.

Kata Kunci: Perilaku Konsumtif, Belanja Online, Perspektif Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Feb 2025 01:08
Last Modified: 04 Feb 2025 01:08
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10687

Actions (login required)

View Item View Item