Pratiwi, Riyan (2018) Perilaku Konsumen Dalam Jual Beli Kredit Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pada Toko Medi Elektronik Simpang Randu Kecamatan Way Seputih KabupatenLampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI RIYAN PRATIWI.pdf - Other Download (5MB) | Preview |
Abstract
Perilaku konsumen yang merujuk kepada perilaku yang diperlibatkan oleh konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan menghabiskan produk barang dan produk jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka. Pembelian dengan cara kredit adalah pembelian yang dilakukan terhadap suatu barang, yang pembayaran harga barang tersebut dilakukan secara berangsur-angsur sesuai dengan tahapan pembayaran yang telahdisepakati penjual dan pembeli. Jumlah angsuran dan jangka waktu pembayaran harus disepakati bersama dan kesepakatan di dalam transaksi ini harus ditulis agar jelas. Akan tetapi masalah yang timbul pada Toko Medi Elektronik Simpang Randu Kecamatan Way Seputih KabupatenLampung Tengah adanya pengingkaran janji dalam kesepakatan transaksi jual beli kredit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen dalamjual beli kredit perspektif etika bisnis Islam padaToko Medi Elektronik Simpang Randu KecamatanWay Seputih KabupatenLampung Tengah.
Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah jenis penelitian lapangan dan sifat penelitian yaitu bersifat kualitatif. Sumber data yang peneliti gunakan adalah sumber data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari responden melalui wawancara yaitu kepada seorang penjual dan tiga puluh orang pembeli di Toko Medi Elektronik Simpang Randu Kecamatan Way Seputih KabupatenLampung Tengah, sumber data sekunder atau data penunjang yaitu data diperoleh dari buku-buku, internet dan kepustakaan lainnya. Teknik pengumpulan data penelitimenggunakan metode wawancara, observasi danmetode dokumentasi. Teknik analisa data penelitimenggunakananalisa kualitatif.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perilaku konsumen dalam jual beli kredit pada Toko Medi Elektronik Simpang Randu Kecamatan Way Seputih Kabupaten Lampung Tengahdipengaruhi oleh faktor eksternal (kebudayaan, kelas sosial dan keluarga) dan faktor internal (faktor pribadi dan faktor psikologi) dan belum sepenuhnya menerapkan prinsip etika bisnis Islam, karena perilaku konsumen masih adanya pengingkaran janji atas apa yang telah disepakati dalam jual beli kredit.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 17 Jan 2020 03:46 |
Last Modified: | 17 Jan 2020 03:46 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1069 |
Actions (login required)
View Item |