Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peranan Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Motivasi Ibadah Sholat Lima Waktu Berjamaah Santri Pondok Pesantren Mathla’un Nur

Ilmiyah, Lifya Nurul (2024) Peranan Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Motivasi Ibadah Sholat Lima Waktu Berjamaah Santri Pondok Pesantren Mathla’un Nur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Lifya Nurul Ilmiyah - 2001011058 - PAI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Pondok Pesantren Mathla'un Nur merupakan pendidikan Nonformal dibawah naungan Yayasan, Pondok Pesantren ini berada di Keluraha n Banjarsari, Kec. Metro Utara Kota Metro, Lampung. Peran ustadzah dalam meningkatkan motivasi beribadah santri sangat penting untuk membentuk sifat spiritual santri.

Pertanyaan penelitian ini yaitu Bagaimana Peran Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Motivasi Ibadah Sholat Lima Waktu Berjamaah Santri Pondok Pesantren Mathla'un Nur?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Motivasi Ibadah Sholat Lima Waktu Berjamaah Santri Pondok Pesantren Mathla'un Nur.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif Kulitatif. Penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, yang dimana peneliti menjadi instrumen penelitian. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian lapangan pada lembaga pendidikan. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Mathla'un Nur. Sumber data pada penelitian ini terdapat dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer yaitu Bapak Muhammad Wahib selalu guru fiqih di pondok pesantren Mathla'un Nur. Sedangkan sumber data sekundernya ialah literatur yang berkaitan dengan pelaksanaan penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Peran yang dilakukan guru Fiqih yaitu; (1) Peran guru fiqih dalam memberikan teladan, guru fiqih selalu mengajarkan untuk sholat berjamaah apabila tidak ada kegiatan di pondok. (2) Peran guru fiqih dalam membiasakan, guru membiasakan santri 15 menit sebelum adzan untuk bersiap mengambil wudhu dan pergi ke masjid. (3) Peran guru fiqih dalam memberikan motivasi, dengan guru mendorong para santri untuk meniatkan ibadah dengan tulus dan murni untuk mendapatkan ridho dari Alloh.

Kata Kunci: Peran Guru Fikih, Motivasi Ibadah, Sholat Lima Waktu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Feb 2025 01:03
Last Modified: 04 Feb 2025 01:03
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10707

Actions (login required)

View Item View Item