Sari, Marfina (2024) Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Terhadap Sikap Sosial Siswa MTs Al-Muhtarom Ma`arif 08 Bumi Nabung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
SKRIPSI Marfina Sari - 2001070017 - T. IPS.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakang oleh siswa kelas VIII di MTs Al-Muhtarom Ma`arif 08 Bumi Nabung memiliki sikap sosial rendah seperti toleransi, tanggung jawab, jujur, dan disiplin. Penelitian ini akan menjelaskan bahwa terdapat pengaruh positif kompetensi sosial guru terhadap sikap sosial siswa. Berdasarkan hal tersebut membuat beberapa siswa memiliki sikap sosial rendah seperti toleransi, tanggung jawab, jujur, dan disiplin. Penelitian ini akan menjelaskan bahwa terdapat pengaruh positif kompetensi sosial guru terhadap sikap sosial siswa. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh kompetensi sosial guru terhadap sikap sosial siswa dikelas VIII MTs Al-Muhtarom Ma`arif 08 Bumi Nabung.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII A dan VIII B MTs Al-Muhtarom Ma`Arif 08 Bumi Nabung yang berjumlah 62 orang. Bentuk pengambilan sampel yaitu Teknik sampling jenuh yang artinya semua anggota populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis data (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji regresi linier sederhana). Berdasarkan hasil penelitian uji persamaan regresi linier sederhana diperoleh nilai Sig. 0,00 (α=0,00<0,05) yang berarti terdapat pengaruh variabel X (kompetensi sosial guru) terhadap variabel Y (sikap sosial siswa). Dengan demikian Ha diterima, ada pengaruh yang signifikan dari kompetensi sosial guru terhadap sikap sosial siswa MTs Al-Muhtarom Ma’arif 08 Bumi Nabung. Adapun hasil penelitian diperoleh sikap sosial siswa sebesar 44,7% dan sisanya 55,3% oleh faktor lainnya dengan interpretasi koefisien korelasi sedang.
Dimana dapat diartikan bahwa apabila kompetensi sosial guru naik atau mengalai perubahan 1% maka sikap sosial siswa juga akan naik atau bertambah 0,223. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi kompetensi sosial guru maka semakin tinggi pula sikap sosial siswa. Demikian pula sebaliknya, jika kompetensi sosial guru rendah maka sikap sosial siswa juga akan rendah.
Kata Kunci : Kompetensi Sosial Guru, Sikap Sosial Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 01:04 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 01:04 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10711 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |