Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP TMI Roudlatul Qur`an

Putri, Melyna Wijaya (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP TMI Roudlatul Qur`an. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI MELYNA WIJAYA PUTRI - 2001070019 - T. IPS.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Proses pembelajaran seringkali menghadapi kendala, seperti kurangnya minat dan motivasi peserta didik, serta rendahnya hasil belajar, khususnya pada mata pelajaran IPS yang sering dianggap membosankan. Penelitian ini dilakukan di SMP TMI Roudlatul Qur‘an, dengan hasil survey yang menunjukkan bahwa banyak siswa yang tidak tuntas dalam ulangan tengah semester pada mata pelajaran IPS. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan model pembelajaran yang monoton seperti ceramah yang mengurangi keterlibatan dan keaktifan siswa. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII, yang berjumlah 160 siswa, dengan sampel sebanyak 28 siswa dari kelas VIII A SMP TMI Roudlatul Qur‘an Metro. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.

Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I, aktivitas belajar siswa memperoleh persentase sebesar 65,89%, dan hasil belajar sebesar 57,14%. Kemudian pada siklus II aktivitas belajar meningkat sebesar 81,07% dan hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan sebesar 82,14%. Dengan demikian, penerapan model Talking stick berhasil menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan kolaboratif, serta meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Talking stick efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, baik dari segi pemahaman materi maupun efektivitas aktivitas pembelajaran.

Kata Kunci: Model Talking stick, Hasil Belajar, dan Aktivitas Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Feb 2025 01:04
Last Modified: 04 Feb 2025 01:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10712

Actions (login required)

View Item View Item