Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di SMA Bustanul ‘Ulum Jaya Sakti Anak Tuha Lampung Tengah

Rahayu, Dwi (2025) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di SMA Bustanul ‘Ulum Jaya Sakti Anak Tuha Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS DWI RAHAYU - 2271010056 - PAI.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam adalah proses menanamkan ajaran-ajaran Islam ke dalam diri seseorang, sehingga menjadi bagian dari kepribadian dan tercermin dalam perilaku sehari-hari. Dalam pembentukan karakter disiplin siswa, pendidikan agama Islam memainkan peran penting, terutama dalam membangun kedisiplinan yang merupakan dasar dari kepribadian yang bertanggung jawab dan berakhlak mulia, meskipun nilai-nilai agama telah diajarkan di sekolah, tantangan muncul dalam proses internalisasi agar nilai-nilai tersebut dapat benar-benar tertanam dalam diri siswa. Dari sini, penelitian ini mengajukan beberapa pertanyaan sebagai berikut: 1) Bagaimana internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter disiplin siswa di SMA Bustanul Ulum? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam untuk membentuk karakter disiplin siswa di SMA Bustanul Ulum? dan 3) Solusi dalam menangani faktor penghambat dalam internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter disiplin siswa di SMA Bustanul Ulum?.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam tentang internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter disiplin siswa, faktor pendukung dan penghambat serta solusi dalam menangani faktor terhambatnya internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter disiplin siswa di SMA Bustanul Ulum.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru PAI, pembimbing tasyji’, satpam sekolah dan siswaa SMA Bustanul Ulum yang sudah ikut serta di dalamnya.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter disiplin siswa, memiliki tiga tahap yang dimana hal tersebut menciptakan siswa yang disiplin dengan datang ke sekolah tepat waktu, memasuki kelas tepat waktu, mengerjakan tugas dengan baik, duduk ditempat yang disediakan, mentaati peraturan sekolah dan memakai pakaian yang rapi sesuai dengan peratutan sekolah, tidak melulu tentang waktu sekolah tapi juga memhami kedisiplinan itu harus ada di semua yang siswa lakukan. 2) faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter disiplin siswa, faktor pendukung vii sendiri melingkupi keluarga, sekolah peran guru dan pembimbing, ektrakulikuler dan kebijakan sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya mencakup kesadaran diri siswa, keluarga, peran guru dan pembimbing dan latar belakang siswa yang berbeda-beda. 3) soluisi dalam menangani faktor penghambat siswa yaitu dengan memberikan pemahaman untuk kesadaran diri, membiasakan untuk melakukan hal baik sesuai waktunya, dan memberikan keteladanan kepada siswa sehingga siswa mampu menginternalisasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter disiplin dengan baik.

Kata Kunci : Internalisasi, Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, Karakter Disiplin dan Siswa di SMA Bustanul ‘Ulum.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Feb 2025 01:05
Last Modified: 04 Feb 2025 01:05
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10722

Actions (login required)

View Item View Item