Madiyono, . (2025) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa Di SMP Negeri 8 Metro. Masters thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
TESIS MADIYONO - 2271010065 - PAI.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Peran guru pendidikan agama Islam, guru pendidikan agam Islam adalah seorang tenaga pendidik yang secara keberlangsungan mentransformasikan ilmu serta pengetahuannya kepada para muridnya di sekolah yang memiliki tujuan agar para siswanya memiliki pribadi-pribadi yang berjiwa Islami serta memiliki sifat, karakter dan perilaku dimana semua didasarkan pada nilai-nilai ajaran Islam. guru pendidikan agama Islam merupakan seorang pendidik yang memiliki tugas mengajarkan ajaran agama Islam serta membimbing para siswa ke arah pencapaian kedewasaan agar terbentuk kepribadian yang Islami sehingga bahagia dunia dan akhirat, karena suatu kegiatan pendidikan yang dilakukan di sekolah merupakan sentral dalam mengatasi berbagai bentuk kenakalan siswa.
Dari latar belakang yang sudah dijabarkan tersebut, maka rumusan masalah yang akan berguna sebagai acuan dalam penyusunan proposal tesis ini adalah: Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMP Negeri 8 Metro? Apa saja faktor penyebab kenakalan siswa Kenakalan Siswa Di SMP Negeri 8 Metro? Berdasarkan fokus permasalahan yang ada di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Untuk mengetahui peran guru pendidikan agama islam dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMP Negeri 8 Metro. Untuk mengetahui faktor penyebab kenakalan siswa Kenakalan Siswa Di SMP Negeri 8 Metro.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengambil objek SMPN Negeri 8 Metro. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, guru BK, wali murid dan siswa yang melakukan kenakalan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMP Negeri 8 Metro dilakukan melalui 10 peranan guru Pendidikan Agama Islam. Peran tersebut terdiri dari Guru pendidikan agama Islam sebagai pembimbing, Guru pendidikan agama Islam sebagai pengajar, Guru pendidikan agama Islam sebagai pendidik, Guru pendidikan agama Islam sebagai pelatih atau pembina, Guru pendidikan agama Islam sebagai contoh, Guru pendidikan agama Islam sebagai penasehat, Guru pendidikan agama Islam sebagai Motivator, Guru pendidikan agama Islam sebagai Korektor, Guru pendidikan agama Islam sebagai Pengelola kelas, Guru pendidikan agama Islam sebagai Evaluator. Kenakalan siswa sering terjadi dimana-mana hal ini yang menimbulkan masalah tersendiri di instansi sekolah tersebut, 5 faktor kenakalan siswa di SMP Negeri 8 Metro ini bisa dilakukan yaitu pencarian jati diri, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, media elektronik.
Kata Kunci: Peran Guru, Guru Pendidikan Agama Islam, Kenakalan Siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 01:03 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 01:03 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10723 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |