Agustin, Dinda (2025) Analisis SWOT Desain Komunikasi Visual Dalam Menghadapi Persaingan Usaha Di Kota Metro (Studi Usaha Design Printing di Metro Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
SKRIPSI DINDA AGUSTIN - 1804041049 - ESy.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Persaingan bisnis yang semakin ketat di Kota Metro yang salah satunya yaitu di sektor usaha design printing. Hal tentu menuntut pelaku usaha untuk memiliki strategi yang tepat dalam mempertahankan dan mengembangkan bisnisnya dalam rangka menghadapi persaingan usaha. Beberapa usaha design printing seperti Primamedia Metro, Nero Digital Printing, dan One Simple Design menghadapi permasalahan yang relatif sama yaitu persaingan ketat antar usaha serupa, di mana semakin banyak percetakan baru yang menawarkan harga lebih murah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan analisis SWOT desain komunikasi visual dalam menghadapi persaingan usaha pada usaha design printing di Metro Timur.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitiannya bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Keabsahaan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan analisis SWOT desain komunikasi visual dalam menghadapi persaingan usaha design printing di Metro Timur yaitu pada aspek kekuatan (strength), usaha seperti Primamedia menonjolkan keahlian SDM dalam desain grafis, Nero Digital Printing unggul dalam fleksibilitas desain, dan One Simple Design mengutamakan kesederhanaan yang mendukung efektivitas komunikasi. Dari sisi kelemahan (weakness) meliputi keterbatasan tenaga kerja, kapasitas cetak, dan ketergantungan pada pemasok bahan baku, yang dapat menghambat produktivitas. Peluang (opportunity) yang teridentifikasi meliputi peningkatan kebutuhan desain untuk pemasaran digital, identitas bisnis, dan sektor pendidikan, yang memberikan potensi besar untuk berkembang bagi usaha-usaha ini. Sementara itu, dari segi ancaman (threat) mencakup persaingan ketat dari kompetitor baru, tekanan harga, kemunculan desainer muda dengan segala kreativitasnya, persaingan dengan layanan desain online, serta perubahan ekspektasi pelanggan yang semakin menuntut kualitas dan kecepatan layanan.
Kata Kunci: Analisis SWOT, Desain Komunikasi Visual, Persaingan Usaha
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 01:03 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 01:03 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10725 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |