Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Perilaku Konsumtif Generasi Milenial Dalam Memilih Produk Pakaian Nibras Ditinjau Dari Perspektif Etika Konsumsi Islam (Studi Pada Konsumen Butik Mumtaz Kota Metro)

Rumaisha, Raidah (2025) Analisis Perilaku Konsumtif Generasi Milenial Dalam Memilih Produk Pakaian Nibras Ditinjau Dari Perspektif Etika Konsumsi Islam (Studi Pada Konsumen Butik Mumtaz Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI RAIDAH RUMAISHA - 1804041133 - ESy.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, perilaku konsumtif menjadi fenomena yang tidak terelakkan, khususnya di kalangan generasi milenial. Generasi ini, yang dikenal dengan akses yang luas terhadap teknologi dan informasi, memiliki pengaruh yang signifikan dalam menentukan tren konsumsi pasar. Salah satu produk yang menarik perhatian generasi milenial adalah pakaian Nibras, yang tersedia di Butik Mumtaz Metro. Nibras dikenal dengan desainnya yang modern dan sesuai dengan nilai-nilai busana Islam, menghadirkan pilihan yang menarik bagi konsumen yang mengutamakan kesopanan dan kepatuhan syariat dalam berbusana.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan etika konsumsi Islam terhadap perilaku konsumtif generasi milenial dalam memilih produk pakaian Nibras. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku konsumtif generasi milenial dalam memilih produk pakaian Nibras di Butik Mumtaz Kota Metro ada aspek yang sejalan dengan etika konsumsi Islam dan juga ada aspek yang belum sejalan dengan etika konsumsi Islam. Perilaku konsumtif tersebut yaitu pembelian saat diskon, pembelian karena desain yang menarik, menjaga penampilan, pertimbangan harga, dan pembelian lebih dari dua produk dari merek berbeda. Pembelian saat diskon dapat dinilai ekonomis, namun jika menyebabkan pengabaian kebutuhan prioritas, hal ini berisiko melanggar prinsip kesederhanaan dalam Islam. Sementara itu, pembelian karena desain yang menarik dan untuk menjaga penampilan dapat dibenarkan selama memenuhi kriteria halal dan tidak berlebihan, dimana hal ini menunjukkan keseimbangan antara kebutuhan dan kemampuan ekonomi dalam perspektif konsumsi Islam. Pilihan produk dengan harga lebih tinggi atas dasar kualitas juga sejalan dengan prinsip kuantitas dalam Islam. Namun, pembelian dari berbagai merek sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan prioritas, sebab Islam mengecam perilaku boros dan menekankan konsumsi berdasarkan kesejahteraan, bukan berlebih-lebihan.

Kata Kunci: Perilaku Konsumtif, Generasi Milenial, Etika Konsumsi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Feb 2025 01:01
Last Modified: 04 Feb 2025 01:01
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10726

Actions (login required)

View Item View Item