Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Program Tahfidz di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro

Ningsih, Putri Sejati (2025) Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Program Tahfidz di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
PUTRI SEJATI NINGSIH.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro merupakan salah satu sekolah swasta dibawah naungan perserikatan Muhammadiyah. Sekolah ini berada di JL. AR. Prawira Negara Mulyojati Metro Barat, RT/RW 26/16, Dsn. , Ds./Kel Mulyojati, Kecamatan Metro Barat, Kota Metro, Provinsi Lampung. Program menghafal Al-Qur‟an merupakan salah satu program unggulan yang ada di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro.

Pertanyaan penelitian ini yaitu Bagaimana Problematika Pembelajaran Al-Qur‟an Program Tahfidz di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Problematika Pembelajaran Al-Qur‟an Program Tahfidz di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro.

Sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, yang dimana peneliti menjadi instrumen penelitian. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian lapangan pada lembaga pendidikan. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro. Sumber data pada penelitian ini terdapat dua yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer ialah guru tahfidz kelas VII dan siswa kelas VII Ar-Rouf, dan sumber data sekundernya ialah pembina tahfidz dan literatur yang berkaitan dengan pelaksanaan penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Problematika pembelajaran Al-Qur‟an program tahfidz yaitu; a) siswa yang masih kesulitan membaca Al-Qur‟an, b) kemampuan menghafal setiap siswa yang berbeda, c) siswa merasa bosan dan malas menghafal, d) lingkungan sosial, dan e) siswa belum mencapai target yang telah ditetapkan serta upaya yang dilakukan guru dalam menanggulangi problematika tersebut yaitu : a) guru tahfidz memperbaiki bacaan, b) memberikan motivasi kepada siswa, c) menerapkan metode yang bervariasi, d) membimbing para siswa untuk tetap muraja‟ah, e) memberikan hukuman bagi siswa yang belum mencapai target hafalan, f) memberikan hadiah kepada siswa, dan g) mengevaluasi hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Problematika Pembelajaran Al-Qur’an, Program Tahfidz.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 12 Feb 2025 02:54
Last Modified: 12 Feb 2025 02:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10728

Actions (login required)

View Item View Item