Primahadi, Afif (2024) Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Animaker pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 2 Natar. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
AFIF PRIMAHADI.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Pengembangan media IPS menggunkan aplikasi Animaker ini dilatar belakangi oleh media pembelajaran yang digunakan oleh guru IPS di SMPN 2 Natar masih berupa buku paket dan cetak yang disediakan oleh sekolah, masih terbilang belum optimal dan media pembelajaran yang digunakan masih berupa media-media pembelajaran lama seperti media papan tulis dan buku cetak. Sehingga peserta didik merasa bosan dan kesulitan
memahami materi yang dijelaskan oleh guru serta masih banyaknya peserta didik yang belum memahami materi yang disampaikan oleh guru terutama dalam salah satu pembahasan mengenai materi Interaksi Sosial. Berdasarkan hal tersebut diperlukannya inovasi atau pengembangan untuk membuat media pembelajaran baru yang lebih efektif , menyenangkan dan tidak terkesan monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa media pembelajaran menggunakan aplikasi animaker yang layak digunakan untuk siswa kelas VII di SMPN 2 Natar.
Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE dengan melalui lima tahapan yang harus dilalui. Diantaranya yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation ( Evaluasi. Subjek uji
lapangan dilakukan dikelas VII (F) dengan jumlah siswa 31 siswa. Data yang terkumpul akan dianalisis untuk mengetahui kualitas produk pengembangan yang dihasilkan. Data berupa saran maupun kritik dari ahli media, ahli materi, dari media audio visual yang dihasilkan.
Hasil penilaian produk yang telah dilakukan oleh ahli media diperolah skor 94,6% dengan katagori ―Sangat Baik‖, hasil penilaian ahli materi diperoleh skor 100% dengan katagori ―Sangat Baik. Hasil uji efektifitas siswa (Uji-T) media pembelajaran IPS menggunakan aplikasi animaker efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Hasil uji efektifitas siswa (uji N-Gain) diperoleh 0,62327 dengan kriteria ―Sedang‖.
Kata kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran, IPS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Ita Noviatiningsih . |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 07:12 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 07:12 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10735 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |