Ramadhani, Muhammad Iqbal (2024) Pengaruh Kegiatan Kerohanian Islam (Rohis) Terhadap Akhlak Peserta Didik di SMAN 2 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
MUHAMMAD IQBAL RAMADHANI.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Globalisasi membawa dekadensi moral, yang mengarah pada perilaku menyimpang, yang berdampak negatif pada akhlak peserta didik. Dapat dilihat, akhlak peserta didik yang belum mempunyai akhlak yang baik dan belum mencerminkan sebagai seorang pelajar muslim, ini terlihat pada, masih adanya peserta didik yang berperilaku tidak sopan terhadap guru mereka, masih adanya peserta didik yang tidak meminta izin sepada guru sebelum keluar kelas, masih adanya peserta didik yang tidak mendengarkan apa yang disampaikan guru, dan masih kurangnya motivasi peserta didik mengikuti kegiatan kerohanian islam (rohis) dan pengaruhnya terhadap akhlak peserta didik. Dengan adanya kegiatan Kerohanian Islam (Rohis) menjadikan rohis sebagai alternatif pengajaran akhlak pada peserta didiknya untuk membentuk peserta didik memiliki akhlak, dan menghindari peserta didiknya dari kenakalan remaja. Dengan tujuan penambahan wawasan, ilmu pengetahuan, serta penanaman nilai-nilai islam yang diharapkan dapat meningkatkan akhlak peserta didik, melalui organisasi tersebut dan terhindar dari pengaruh pelajar-pelajar yang tidak mencerminkan pelajar muslim.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kegiatan Kerohanian Islam (Rohis) terhadap akhlak peserta didik di SMAN 2 Metro. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X dan XI SMAN 2 Metro yang mengikuti rohis, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk memperoleh validitas instrument yaitu dengan rumus pearson product moment dan untuk memperoleh reliabilitas instrument yaitu dengan rumus spearmana brown.
Berdasarkan hasil dari perhitungan korelasi Pearson Product Moment sebesar 0,550 maka tingkat hubungan antara Kegiatan Kerohanian Islam (Rohis) dengan akhlak termasuk kategori korelasi tergolong sedang. Selanjutnya, dari hasil perhitungan koefesien determinasi, Kegiatan Kerohanian Islam (Rohis) mempunyai kontribusi atau pengaruh sebesar 30,25% dalam mempengaruhi akhlak peserta didik di SMAN 2 Metro. Kemudian, 69,75% dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor dalam diri dan lingkungan sekolah. Dengan demikian dapat diketahui bahwa ada pengaruh Kegiatan Kerohanian Islam (Rohis) terhadap akhlak di SMAN 2 Metro.
Kata kunci: Kegiatan Kerohanian Islam (Rohis), Akhlak, Peserta Didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ita Noviatiningsih . |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 07:14 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10741 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |