Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Label Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2020 FEBI IAIN Metro

Adinda, Marreta Putri (2024) Pengaruh Label Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2020 FEBI IAIN Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Marreta Putri Adinda.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Makanan merupakan kebutuhan manusia yang paling penting. Seseorang mempunyai kebebasan penuh untuk mengkonsumsi apapun yang mereka butuhkan. Namun konsumsi makanan yang tidak halal (haram) tidak diperbolehkan dalam pengambilan keputusan pembelian. Dikhawatirkan memicu masyarakat muslim diIndonesia akan menyebabkan masyarakat Muslim tidak membeli produk makanan berdasarkan label halal dan hanya membayar dengan harga yang terjangkau. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana tanggapan mahasiswa terhadap label halal dan apakah harga mempengaruhi keputusan pembelian produk makanan pada mahasiswa Ekonomi Islam Angkatan
2020 FEBI IAIN Metro.

Pendekatan penelitian pada penelitian ini mengunakan pendekatankuantiatif bersifat asosatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument angket dengan skala liker. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2020 FEBI IAIN Metro dan menggukan teknik sampling purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 90 responden Data di analisis mengunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakanpenguji asumsi klasik dan asumsi hipotesis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa label halal tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian melalui uji F bahwa label halal dan harga berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan. R square sebesar 0,606 menunjukkan bahwa sebesar 60,6% variasai keputusan pembelian bisa dijelasakan oleh kedua variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 39,4% dijelaskan oleh variabel lain diluar kedua variabel yang digunakan dalampenelitian ini.

Kata kunci: harga, keputusan pembelian ,label halal dan analisis regresi linier berganda

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 14 Feb 2025 07:15
Last Modified: 14 Feb 2025 07:15
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10742

Actions (login required)

View Item View Item