Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Pendidikan Multikultural pada Pembelajaran IPS di SMPN 1 Jati Agung

Al Rasyid, M. Makmun (2024) Implementasi Pendidikan Multikultural pada Pembelajaran IPS di SMPN 1 Jati Agung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
M. MAKMUN AL RASYID.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi, Peserta didik yang belajar di SMPN 1 Jati Agung berasal dari berbagai macam latar belakang, baik dari segi bahasa, suku, budaya, status sosial, latar belakang pendidikan, keturunan dan organisasi keagamaan. Sehingga perlu adanya penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembentukan kecerdasan sosial peserta didik pada mata pelajaran IPS penting dilakukan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis implementasi pendidikan multikultural pada pembelajaran IPS di SMPN 1 Jati Agung, Serta faktor pendukung dan faktor penghambat pengimplementasian pendidikan multikultural pada pembelajaran IPS.

Metodologi penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan destriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan tekhnik triangulasi, yaitu triangulasi sumber
dan triangulasi metode. Analisis data yang digunakan dalam menyimpulkan penelitian ini dimulai dari reduksi data, pemaparan data/display data, kemudian dilakukan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ditemukan bahwa penangimplementasian pendidikan multikulural pada pembelajaran IPS dilakukan di dalam maupun di luar kelas dengan bantuan dari seluruh warga sekolah dengan cara memberikan keteladanan kepada peserta didik. Indikator keberhasilan pengimplementasian pendidikan multikultural pada pembelajaran IPS ditunjukan dengan respon peserta didik yang tinggi dalam kehidupan sehari-hari mengenai nilai teloransi, nilai demokrasi,
nilai kesetaraan/kebersamaan serta nilai keadilan dengan harapan peserta didik mampu hidup berdampingan secara damai. Faktor pendukungnya adalah adanya motivasi (internal dan eksternal motivasi) yang tinggi dari peserta didik dan adanya dukungan dari seluruh warga Sekolah,
sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya pengaruh negatif yang signifikan terhadap peserta didik dari lingkungan yang kurang tepat.

Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Multikultural, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan
Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ita Noviatiningsih .
Date Deposited: 14 Feb 2025 07:10
Last Modified: 14 Feb 2025 07:10
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10745

Actions (login required)

View Item View Item