Heliza, Mayra Nur (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa Di Kelas IX SMP PGRI 1 Batanghari Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Mayra Nur Heliza.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Akhlakul Karimah adalah tingkah laku atau perbuatan yang mulia dan terpuji, terhadap Allah, sesama manusia dan lingkungannya. Permasalahan yang terdapat di SMP PGRI 1 yaitu siswa berkelahi, berkata kasar atau tidak sopan,datang terlambat kesekolah, dan berpakain tidak rapi. Pembentukan akhlak haruslah dilakukan secara teratur dan terarah agar siswa dapat mengembangkan serta bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, guru Pendidikan agama Islam berperan penting dalam membentuk akhlak siswa.
Pertanyaan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlakul karimah siswa di SMP PGRI 1 Batanghari Lampung Timur?”. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlakul karimah siswa di SMP PGRI 1 Batanghari. Manfaat dari penelitian ini yaitu Dapat memberi kontribusi pemikiran (positif) untuk menjadikan yang lebih baik dari sebelumnya.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa SMP PGRI 1 Batanghari. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan datanya
menggunakan Triangulasi Sumber, kemudian data dianalisis serta diambil
kesimpulan.
Hasil Penelitian dan Pembahasan yang telah peneliti lakukan dapat diambil kesimpulan bahwa guru Pendidikan Agama Islam telah berperan dengan baik, perannya ialah guru sebagai pendidik yaitu dengan cara mengajarkan dan mencontohkan siswa tentang shodaqoh dan tolong-menolong. Guru sebagai pelatih dengan cara melatih kedisiplinan dan tanggung jawab siswa dengan rutinitas yang telah ditetapkan. Guru sebagai pembimbing dengan cara membimbing siswa melalui materi yang diambil atau dikutip dari dalil Al-Qur’an yang menjelaskan tentang akhlakul karimah serta menceritakan tentang kisah
Rasulullah yang berakhlak mulia dan memberikan materi pembelajaran tentang akhlak terpuji. Guru sebagai tauladan dengan cara memberikan contoh kepada siswa untuk selalu bertutur kata baik atau sopan, berjabat tangan serta selalu
berpakaian yang rapi dan sopan. Guru sebagai penasehat yaitu guru akan memberikan nasehat kepada siswa yang melakukan kesalahan seperti berkata tidak sopan atau berpakaian tidak rapi, guru akan memperingati sebanyak 3 kali untuk kesalahan tersebut jika siswa tetap melanggar maka siswa tersebut akan diberi hukuman. Metode yang digunakan dalam membentuk akhlakul karimah siswa yaitu dengan metode keteladanan dan pembiasaan.
Kata Kunci: peran guru, akhlakul karimah, pembentukan akhlak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 07:11 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 07:11 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10749 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |