Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Modul Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Karakter Subjek Didik

Habibullah, Muhammad Rafiq (2025) Pengembangan Modul Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Karakter Subjek Didik. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
MUHAMMAD RAFIQ HABIBULLAH.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui analisis kebutuhan untuk pengembangan Modul Pendidikan Agama Islam berbasis Problem Based Learning yang dapat meningkatkan Karakter Subjek didik di SMPN 3 Terusan Nunyai, mengetahui desain Modul Pendidikan Agama Islam berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan Karakter Subjek didik, serta mengetahui kelayakan Modul Pendidikan Agama Islam berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan Karakter Subjek didik.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) level satu yang hanya menghasilkan rancangan produk tanpa menguji efektivitasnya. Dikarenakan penelitian ini berfokus pada pengembangan bahan ajar, maka peneliti memilih menggunakan model 4D (Define, Design, Development, and Disseminate). Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, dokumentasi, serta studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menguji kelayakan modul baik dari aspek materi maupun media.

Temuan penelitian ini adalah: (1) Dibutuhkan sebuah bahan ajar Pendidikan Agama Islam yang dikemas sesuai dengan kebutuhan subjek didik dengan mengintegrasikan problem based learning supaya dapat digunakan untuk meningkatkan karakter subjek didik sehingga mereka dapat mengimplementasikan materi pembelajaran yang diterimanya ke dalam akhlak dan ibadahnya sehari-hari (2) Modul Pendidikan Agama Islam berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan karakter di desain menggunakan model 4D dengan materi ―Pilar etika Islami dalam kehidupan sehari-hari‖ yang didesain berbasis problem based learning (3) Berdasarkan nilai presentase yang didapatkan maka desain Modul Pendidikan Agama Islam ini masuk dalam kategori ―Sangat Layak‖ dengan nilai presentase rata-rata sebesar 90% sehingga dapat digunakan sebagai modul pembelajaran untuk meningkatkan karakter subjek didik di SMPN 3 Terusan Nunyai.

Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Problem Based Leaning, Karakter.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ita Noviatiningsih .
Date Deposited: 17 Feb 2025 01:52
Last Modified: 17 Feb 2025 01:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10750

Actions (login required)

View Item View Item