Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Critical Thinking Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 9 Kota Metro Tahun Pelajaran 2024/2025

Pangestu, Galih (2024) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Critical Thinking Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 9 Kota Metro Tahun Pelajaran 2024/2025. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
GALIH PANGESTU.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Kegiatan proses pembelajaran dalam lingkup mata pelajaran PAI mempengaruhi pencapaian hasil pembelajaran. Salah satunya critikal thingking siswa. Masih banyak terdapat anak yang enggan untuk menyampaikan pemikirannya ketika diberikan pertanyaan oleh guru. Maka peneliti mencoba menawarkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)untuk meningkatkan Critical Thinking siswa di SMP Negeri 9 Kota Metro.

Pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana implementasi Model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan Critical Thinking siswa di SMP Negeri 9 Kota Metro, Bagaimana efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan Critical Thinking siswa SMP Negeri 9 Kota Metro,Bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi Model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan Critical Thinking siswa di SMP Negeri 9 Kota Metro.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan model Stephen Kemmis dan Taggart 3 silus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Alat pengumpulan data menggunakan observasi, test dan dokumentasi. Tes terdiri dari pre-test, post-test I, dan post-test II, dan post-test III. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test.

Problem Based Learning (PBL) efektif untuk meningkatkan Critical Thinking siswa di SMP Negeri 9 Kota Metro. Hal ini dibuktikan dari hasil uji signifikansi yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test I, antara
post-test I dan post- test II. Selain itu, juga terdapat perbedaan yang signifikan antara post-test II dan post-test III. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa PBL efektif dan dapat diterapkan dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan PBL dalam pembelajaran PAI, mendorong siswa aktif terlibat dalam proses pembelajaran, meningkatkan pemahaman mereka tentang ajaran agama, memperluas wawasan mereka melalui eksplorasi potensi diri maupun kolaborasi dengan teman kelompok.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Critical Thinking

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pascasarjana
Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ita Noviatiningsih .
Date Deposited: 17 Feb 2025 01:54
Last Modified: 17 Feb 2025 01:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10756

Actions (login required)

View Item View Item