Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Perilaku Konsumsi Masyarakat Desa Makartitama Kecamatan Gedung Aji Baru Kabupaten Tulang Bawang Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Haslina, Riza (2018) Perilaku Konsumsi Masyarakat Desa Makartitama Kecamatan Gedung Aji Baru Kabupaten Tulang Bawang Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI RIZA HASLINA NPM. 13104204.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumtif cenderung harus mengeluarkan biaya yang lebih tinggi karena bukan lagi untuk memenuhi kebutuhan saja tetapi lebih mengarah pada pemenuhan tuntutan keinginan. Sebagaimana yang terjadi pada masyarakat desa Makartitama Kecamatan Gedung Aji Baru Kabupaten Tulang Bawang yang menyatakan kebutuhan dan keinginannya, pengeluaran lebih besar dari pendapatan, namun tidak memahami motivasi mereka secara mendalam apakah barang dan jasa yang mereka peroleh gunakan sesuai dengan kebutuhan atau hanya keinginan yang dinilaisebagai alat pemuas atau untuk menjaga gengsi. Tanpa peduli apakah barang-barang tersebut diperoleh dengan cara berhutang atau dengan kredit.

Lokasi penelitian di desa Makartitama Kecamatan Gedung Aji Baru Kabupaten Tulang bawang. Penelitian ini tergolong dalam penelitian lapangan (field research)yang bersifat deskripstif kualitatif. Pengumpulan data di dalam penelitian menggunakan metode wawancara dan observasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa data kualitatif. Wawancara dilakukan dengan sepuluh subyek penelitian yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling.

Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Masyarakat Dusun II Desa Makartitama Kecamatan Gedung Aji Baru cenderung adanya pemaksaan diri dalam pembelian barang, yang terlihat dari pembelian secara kredit dengan harga yang lebih mahal. Hal ini menunjukkan faktor kebutuhan bukan menjadi pertimbangan utama, tetapi pada faktor keinginan, yang menyebabkan tidak seimbangnya antara pendapatan dan pengeluaran.Selain itu juga, pola pikir dengan membeli barang atau jasa yang harganya lebih mahal selalu dipercaya dapat menimbulkan percaya diri yang tinggi. Iklan dan sales atau beberapa kelompok yang mempengaruhi keputusan konsumsi masyarakat dalam membeli produk tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 17 Jan 2020 04:15
Last Modified: 17 Jan 2020 04:15
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1076

Actions (login required)

View Item View Item