Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Jannah, Miftakhul (2024) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Miftakhul Jannah.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi di SDN 4 Margajaya Kecamatan Metro Kibang Kabupaten Lampung Timur, khususnya di kelas V. Berdasarkan permasalahan berasal dari salah satu kemampuan matematis yang seharusnya sudah dimiliki oleh siswa pada tingkat kelas tersebut. Ketika dilakukan tes awal saat pra survey, masih banyak siswa yang menjawab soal belum sesuai dengan jawaban yang diminta, bahkan terkesan asal jawab, sehingga diketahui kemampuan matematis siswa tersebut masih belum dapat mencapai tujuan pendidikan matematika.

Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah modelpembelajaran yang dilakukan secara berkelompok maupun individu dimana siswa diberi lembar kerja berisi soal pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh model problem based learning (pbl) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Jenis peneltian ini adalah Pre-Eksperimental dengan desain One Goup Pretest-Postest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 4 Margajaya. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan cara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes (pretest dan postest) kemudian di uji analisis menggunakan uji normalitas, lalu dilanjutkan dengan uji Wilcoxon karena data tidak berdistribusi normal.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan perolehan perhitungan dengan menggunakan uji wilcoxon dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak, Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan nilai antara hasil pretest dan postest sehingga dapat dikatakan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas V SDN 4 Margajaya, sehingga model pembelajaran ini dapat digunakan pada proses pembelajaran yang sesuai.

Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), kemampuan pemecahan masalah matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 17 Feb 2025 01:52
Last Modified: 17 Feb 2025 01:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10765

Actions (login required)

View Item View Item