Juwitasari, Yuli (2017) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Skripsi Yuli Juwitasari.pdf - Other Download (7MB) | Preview |
Abstract
Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar adalah penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran adalah suatu perantara yang digunakan untuk menyampaikan informasi dengan tujuan agar merangsang siswa untuk belajar. Adanya media diharapkan proses pembelajaran akan lebih mudah bagi siswa maupun guru, karena media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasanruang dan waktu dalam belajar. Penggunaan media pembelajaran juga dapat memberikan motivasi bagi siswauntuk belajar.Namun,pada saat pelaksanaan pembelajaran penggunaan media pembelajaran masih belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari kurang bervariasinya media yang digunakan guru dalam mata pelajaranPAI. Guru masih terpaku pada buku yang diberikan kepada siswa, sehingga semangat siswa untuk berlatih menjadi rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengethui seberapa besar pengruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam kelas XI Jurusan administrasi perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Metro.Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikanpengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas XI Jurusan Administrasi PerkantoranSMK Muhammadiyah 1 Metro. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Angket diberikan kepada siswa dengan 15 item pertanyaan untuk variabel Xdan prestasi belajar siswa sebagai variabel Y-nya.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan besarnya harga chi kuadrat (x2) yang diperoleh yaitu 11,05dengan harga chi kuadrat (x2) pada tabel. Pada penelitian ini menggunakan df atau db sebesar 4 diperoleh harga Chi Kuadrat (χ2) pada signifikan 5% sebesar 9,488. Dengan demikian berarti harga Chi Kuadrat hitung (χ2hitung) sebesar 11,05lebih besar dari Chi Kuadrat tabel (χ2tabel) pada taraf signifikan 5% pada db = 4. Selanjutnya untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor yang satu dengan yang lainnya, maka digunakan koefisien kontingensi yang dilambangankan dengan C. Berdasarkan perhitungan diperoleh C= 0,553dengan Cmax= 0,816 yang kemudian dilihat pada tabel KK dari hasil konsultasi dengan tabel KK, diperoleh hasil bahwa hubungan kedua variabel berada pada kriteria sedang. Hal ini membuktikan bahwa terdapat Pengaruh pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas XI Jurusan Administrasi PerkantoranSMK Muhammadiyah 1 Metro.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 17 Jan 2020 04:20 |
Last Modified: | 17 Jan 2020 04:20 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1077 |
Actions (login required)
View Item |