Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII II di MTS Sabiilul Muttaqien Batanghari Nuban

Aziz, Fahmi (2024) Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII II di MTS Sabiilul Muttaqien Batanghari Nuban. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
FAHMI AZIZ.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

kedisiplinan belajar adalah keadaan tertib di mana siswa terikat pada peraturan-peraturan dengan kesadaran sendiri, baik yang tertulis maupun tidak tertulis, dalam perubahan perilaku. Kedisiplinan ini penting karena melatih perilaku siswa selama pembelajaran dan di lingkungan sekolah, membentuk karakter siswa, dan menjadi fokus lembaga pendidikan dalam menciptakan generasi yang bermutu. Guru memiliki peran besar dalam membentuk kedisiplinan siswa melalui bimbingan, teladan, dan peran profesional mereka sebagai pengajar dan konselor. Namun, masih ada tantangan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa, seperti kurangnya ketaatan terhadap tata tertib sekolah dan kurangnya keseriusan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk mengidentifikasi dan menangani masalah kedisiplinan siswa dengan memberikan pembinaan dan motivasi yang tepat. Dengan memahami tantangan ini, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru akidah akhlak dalam menanamkan kedisiplinan siswa kelas VIII. II di MTS Sabiilul Muttaqien Batanghari Nuban. Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang didapatkan dari Guru dan siswa kelas VIII.II.

Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan peran guru akidah akhlak dalam menanamkan kedisiplinan pada siswa mempengaruhi bagi siswa. Guru menjadi contoh utama, tidak hanya di kelas tetapi juga di luar kelas. Pendekatan secara
menyeluruh, pembimbingan akhlak, metode pembelajaran inovatif, bimbingan individual, dan peningkatan kedisiplinan siswa menjadi sorotan utama. Dengan demikian, penelitian mengonfirmasi urgensi pendidikan akhlak di sekolah untuk
menciptakan generasi bertanggung jawab. Untuk meningkatkan pendidikan akhlak, diperlukan guru yang menjadi teladan atau contoh, pelatihan guru, metode pembelajaran, keterlibatan orang tua, dan pembiasaan siswa. Langkah-langkah ini diharapkan menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan siswa yang bertanggung jawab dalam masyarakat.

Kata Kunci: Akhlak, Akidah Akhlak, Guru, Akhlak Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 18 Feb 2025 08:38
Last Modified: 18 Feb 2025 08:38
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10771

Actions (login required)

View Item View Item