Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pisa

Naim, Muhammad Hidayatun (2024) Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pisa. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Muhammad Hidayatun Naim.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil tes PISA tahun 2018 oleh seluruh negara menunjukkan bahwa kemampuan siswa Indonesia terkait literasi membaca, matematika, dan sains mendapatkan skor rata-rata 371. Hasil tersebut menempatkan Indonesia pada peringat ke 74 dari 79 negara sebagai peserta tes PISA. Lebih khusus, literasi matematika siswa Indonesia yang memperoleh skor 379, menempatkan Indonesia pada peringkat 73 dari 79 negara yang mengikuti tes soal PISA.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matemastika sekaligus mendeskripsikan hambatan siswa kategori kemampuan awal matematika tinggi, sedang dan rendah. di SMP TMI Roudlotul Qur`an Kota Metro dalam menyelesaikan soal PISA dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Siswa diberikan enam soal PISA yang juga memiliki enam level berbeda.

Hasil penelitian pada 23 siswa di SMP TMI Roudlatul Qur’an Kota Metro diperoleh skor tertinggi 82 yang memenuhi 6 indikator A1, A2, B1,B2, C1, C2 karena memiliki kemampuan matematis yang tinggi. Subjek dengan kategori kemampuan matematis sedang memperoleh skor 78 yang hanya memenuhi indikator A1, A2, B1, B2 dikarenakan mengalami hambatan dalam mengerjakan soal level 5 dan 6. Subjek dengan kategori rendah mendapat skor 36 yang hanya memenuhi 1 indikator saja yaitu A2.

Kata Kunci: Literasi Matematika, PISA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan
Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 18 Feb 2025 08:39
Last Modified: 18 Feb 2025 08:39
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10774

Actions (login required)

View Item View Item