Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Critical Thinking Skill Siswa pada Mata Pelajaran PAI SMP IT Insan Mulia Lampung Timur

Fuadah, Lutfi (2025) Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Critical Thinking Skill Siswa pada Mata Pelajaran PAI SMP IT Insan Mulia Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Lutfi Fuadah.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Salah satu masalah yang terdapat pada pembelajaran PAI di sekolah adalah siswa kurang dilatih untuk mengembangkan kemampuan berfikir kritis melalui soal-soal yang diberikan guru dan masih sering menggunakan model ceramah dan tanya jawab, akibatnya kurang merangsang kemampuan berfikir kritis siswa, siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kasus-kasus, mengevaluasi argumen dalam materi yang diberikan oleh guru di kelas, siswa kesulitan menganalisis informasi yang ada, sehingga siswa menerima apa adanya informasi dan sulit mengevaluasi dan menyimpulkan keputusan dalam setiap pertanyaan.

Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model Problem Basid Learning dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII SMP IT Insan Mulia Lampung Timur.

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menerapkan model Problem Basid Learning (PBL) dalam pembelajaran PAI di SMP IT Insan Mulia Lampung Timur dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII dengan jumlah 23 siswa, yang terdiri dari 13 laki-laki dan 10 perempuan.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan model ini telah membawa dampak positif yang signifikan terhadap
peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa, hal ini dapat dibuktikan dari peningkatan hasil tes siswa tiap siklusnya, mulai dari pretest menunjukkan persentase sebesar 36%, kemudian rata-rata hasil keseluruhan posttest pada siklus I yaitu 54% dan rata-rata hasil keseluruhan posttest pada siklus II yaitu 76%. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan berfikir kritis siklus I dan II vi yang telah dilakukan hingga mencapai kriteria ketuntasan yang diharapkan yaitu 75%.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Basid Learning dapat meningkatkan
kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII SMP IT Insan Mulia Lampung Timur. Saran yang dapat
diajukan adalah guru dapat menerapkan model Problem Basid Learning dalam proses pembelajaran sehingga mampu
mengoptimalkan kemampuan berfikir kritis siswa. Untuk penelitian lebih lanjut, disarankan kiranya untuk perlu diteliti
pada pokok bahasan yang lain.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Critical Thingking, PAI, SMP IT Insan Mulia

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pascasarjana
Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ita Noviatiningsih .
Date Deposited: 19 Feb 2025 03:59
Last Modified: 19 Feb 2025 03:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10778

Actions (login required)

View Item View Item