Irfanda, Ega Melivio (2024) Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TPA Al-Barokah Taman Cari Kecamatan Purbolinggo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Ega Melivio Irfanda.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Al-Qur’an merupakan kitab suci yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Ketika seseorang membacanya maka itu bernilai ibadah walaupun tidak memahami arti ayat yang dibaca. Melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an kepada santri TPA Guru memerlukan sebuah metode untuk mengajarkan membaca Al-Qur’an.
Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana peran guru TPA dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Al-Barokah Taman Cari Kecamatan Purbolinggo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Peran Guru TPA dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Al-Barokah Taman Cari Kecamatan Purbolinggo.
Jenis Penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini dilakukan untuk bagaimana “Peran Guru TPA Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Al-Barokah Taman Cari”, sehingga penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif . Sumber data dalam penelitian ini adalah guru TPA, orang tua dan santri. Teknik yang digunakan dalam mengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya langkah yang digunakan dalam menganalisa data pertama dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Hasil Penelitian yang diperoleh bahwa, Peran Guru TPA dalam Meningkatkan Kemampuan membaca Al-Qur’an Al-Barokah Taman Cari Kecamatan Purbolinggo yaitu Pengajaran menggunakan metode iqro’
Kat a Kunci : Peran guru TPA, kemampuan membaca Al-Qur’an Al-Barokah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 08:37 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 08:37 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10782 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |