Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Ustadz dalam Pembinaan Tilawatil Qur’an Santri Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Lampung Timur

Muhammad, Anwar (2024) Upaya Ustadz dalam Pembinaan Tilawatil Qur’an Santri Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
ANWAR MUHAMMAD.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Al-Qur‟an adalah sumber ajaran Islam dan merupakan pedoman hidup, diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw. melalui malaikat Jibril untuk kepentingan umat manusia. Dalam membaca Al-Qur‟an tentu akan lebih baik dan lebih indah jika menggunakan irama. Maka dalam membaca Al-Qur‟an ada yang dikenal dengan tilawatil Qur‟an. Tilawatil Qur‟an merupakan cara membaca AlQur‟an dengan lagu atau irama. Membaca Al-Qur‟an dengan lagu merupakan perintah Allah SWT. dan Rasul-Nya dalam rangka memelihara Al-Qur‟an dan menjadikannya benar-benar hidup di hati setiap muslim.

Ustadz di pondok pesantren Riyadlatul Ulum Lampung Timur memiliki kedudukan sentral dalam membina dan mengajar santri dalam berbagai disiplin ilmu, termasuk tilawatil Qur‟an. Mereka bertanggung jawab untuk memberikan pembimbingan, pelatihan dan motivasi kepada santri agar dapat membaca AlQur‟an dengan lagu yang indah serta bacaan yang baik dan benar.
Pembinaan adalah suatu usaha mendapatkan peningkatan hasil yang lebih baik melalui tindakan dan kegiatan pembinaan, pembaruan, membina, memperbarui, atau proses perbuatan membina. Dalam pembinaan tilawatil Qur‟an tidak terlepas dari kaidah-kaidah bacaannya. Hal yang paling pertama sekali kita miliki, yaitu harus menguasai kaidah-kaidah bacaan Al-Qur‟an baik dibidang makhraj maupun tajwidnya.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mendalami upaya ustadz dalam membina santri pada pembinaan tilawatil Qur‟an.
Agar pembinaan tilawatil Qur‟an mencapai keberhasilan, seorang ustadz harus mengetahui apa saja minat serta bakat yang dimiliki oleh santri yang dididiknya, sehingga santri bisa mengembangkannya sesuai kemampuan yang dimilikinya. Maka dalam hal ini ustadz harus lebih professional dalam menentukan metode yang tepat agar pembinaan tilawatil Qur‟an dan prestasi belajar santri ini berjalan dengan efektif dan efisien.

Berdasarkan hasil yang ditemukan, seperti dari wawancara dengan ustadz dan santri, diketahui bahwa pembinaan berjalan dengan baik meskipun terdapat beberapa tantangan, seperti kurangnya waktu pembelajaran dan latar belakang santri yang beragam.

Kata Kunci: Pembinaan, Ustadz, Tilawatil Qur’an, Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ita Noviatiningsih .
Date Deposited: 19 Feb 2025 03:59
Last Modified: 19 Feb 2025 03:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10784

Actions (login required)

View Item View Item