Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Ular Tangga terhadap Kemampuan Kognitif dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 3 Sidodadi

Marliana, Dinda (2024) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Ular Tangga terhadap Kemampuan Kognitif dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 3 Sidodadi. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Dinda Marliana.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif dan minat belajar siswa dalam mata pelajaran matematika. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang kurang fokus saat guru memberikan penjelasan, serta pemahaman kognitif mereka terhadap materi matematika yang masih rendah. Selain itu, guru juga belum menggunakan media yang inovatif dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan media pembelajaran ular tangga
terhadap kemampuan kognitif dan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN 3 Sidodadi.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, bentuk desain yang digunakan adalah Quasi eksperimental Design dengan jenis eksperimen Pretest Posttest Only Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah tes essay untuk mengukur kemampuan kognitif, angket untuk mengukur minat belajar siswa dan lembar observasi untuk melihat aktivitas yang dilakukan oleh guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik. Untuk menguji pengaruh media pembelajaran ular tangga terhadap kemampuan kognitif dan minat belajar siswa digunakan rumus uji-t (independent sample test). Selain itu, uji MANOVA (multivariate analysis of variance) juga diterapkan untuk menguji pengaruh media pembelajaran ular tangga terhadap kemampuan kognitif dan minat belajar secara simultan.
Berdasarkan pengujian hipotesis dan analisis data yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran ular tangga berpengaruh terhadap kemampuan kognitif dan minat belajar, serta terhadap kemampuan kognitif dan minat belajar secara simultan. Hal ini diperoleh dari hasil uji statistik yang telah di lakukan yaitu dalam uji hipotesis kemampuan kognitif memperoleh nilai thitung (4,027) lebih besar dari ttabel (2,010) dengan nilai signifikansi 0,004 lebih kecil dari signifikansi 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima, pada uji hipotesis minat belajar memperoleh thitung(3,047) lebih besar dari ttabel (2,010) dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari signifikansi 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima, serta pada uji hipotesis kemampuan kognitif dan minat belajar secara simultan didapatkan hasil sig. 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran ular tangga terhadap kemampuan kognitif dan minat belajar, serta berpengaruh terhadap kemampuan kognitif dan minat belajar secara simultan pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN 3 Sidodadi.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Kemampuan Kognitif, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 19 Feb 2025 03:57
Last Modified: 19 Feb 2025 03:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10793

Actions (login required)

View Item View Item