Hamid, Muhamad Ali (2024) Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Kelas VII MTs Miftahul Huda Nambah Dadi Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
MUHAMAD ALI HAMID.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Peran guru sangatlah penting bagi pengembangan karakter peserta didiknya. Pendidikan karakter bagi siswa adalah suatu keniscayaan dalam pencapaian tujuan pendidikan. Oleh karena itu, peran guru khususnya guru akidah akhlak sangat diperlukan dalam menanamkan nilai-nilai karakter di sekolah. Namun demikian, pada kenyataannya peran guru akidah akhlak baik sebagai pendidik, pengajar, pembimbing dan pelatih belum sepenuhnya dapat diimplementasikan secara optimal sehingga harus diadakan penelitian lebih lanjut untuk kemajuan MTs Miftahul Huda Nambah Dadi lampung Tengah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana peran guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik kelas VII di MTs Miftahul Huda Nambah Dadi.? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik kelas VII di MTs Miftahul Huda Nambah Dadi? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana upaya guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai karakter di MTs Miftahul Huda Nambah Dadi, 2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik kelas VII MTs Miftahul Huda Nambah Dadi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan sember data primer adalah guru mapel akidah akhlak dan peserta didik, dan sumber data sekunder adalah catatan-catatan, foto-foto, atau dokumen-dokumen penting dan lain-lain yang dapat memperkaya data primer. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penjamin keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi sumber, teknik, dan waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai karakter di MTs Miftahul Huda Nambah Dadi telah berjalan dengan baik. Faktor pendukung guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter di MTs Miftahul Huda Nambah Dadi adalah 1) Kurikulum yang mendukung pendidikan karakter di sekolah, 2) Pengajaran, proses pengajaran baik di dalam ataupun di luar kelas, 3) Sarana Dan Prasarana yang lengkap, 4) Lingkungan yang baik akan membawa dampak positif bagi diri peserta didik dan membentuk karakter yang baik di dalam dirinya. Faktor yang menjadi penghambat guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter di MTs Miftahul Huda Nambah Dadi adalah jam mengajar guru yang singkat. Kedua faktor tersebut dapat mempengaruhi pengimplementasian pendidikan karakter di sekolah.
Kata Kunci : Akidah, Akhlak, Karakter, Peserta Didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ita Noviatiningsih . |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 03:58 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 03:58 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10795 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |