Rindiani, Fadilla (2024) Efektivitas Penggunaan Teknologi Digital terhadap Peningkatan Penjualan Produk Hampers pada Toko Gispe Sekampung Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Fadilla Rindiani.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan bisnis di Indonesia saat ini semakin berkembang dengan cukup signifikan. Tingkat persaingan di dunia bisnis pada era digital saat ini semakin ketat, sehingga setiap perusahaan dituntut untuk menentukan strategi yang tepat dalam menarik dan mencapai target pasar mereka. Teknologi digital harus dimanfaatkan secara maksimal oleh para pelaku usaha, karena dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk melakukan promosi sehingga produk dapat dijangkau semua kalangan diberbagai daerah melalui pemanfaatan digital/sosial
media. Toko Gispe merupakan salah satu toko di Desa Sekampung Kabupaten Lampung Timur yang menjual beraneka macam hampers atau produk yang sifatnya kerajinan tangan (Handscraft). Letak lokasi toko di pedesaan, dan banyaknya pesaing usaha, menuntut pemilik toko untuk menentukan strategi agar mencapai target pasar yang telah ditentukan. Hadirnya teknologi digital yang mampu mempermudah segala aktivitas dan dapat menjangkau semua kalangan, dimanfaatkan oleh pemilik Toko Gispe sebagai strategi dalam peningkatan
penjualan.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan teknologi digital terhadap peningkatan penjualan produk hampers pada Toko Gispe Sekampung Lampung Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, cara pengumpulan data yaitu melalui wawancara, dan dokumentasi terhadap objek penelitian.
Hasil penelitian ini mengatakan bahwa dengan menggunakan teknologidigital berbentuk media sosial efektif terhadap peningkatan penjualan produk dibandingkan hanya berjualan di toko saja. Toko Gispe menggunakan teknologi digital sebagai media promosi untuk meningkatkan penjualan dan memasarkan produknya secara luas. Teknologi digital yang digunakan pada Toko Gispe Sekampung Lampung Timur berupa media sosial (WhatsApp, Facebook, Instagram) dan markerplace (Shopee).
Kata Kunci: Efektivitas, Teknologi Digital, Peningkatan Penjualan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 03:58 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 03:58 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10796 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |