Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah dalam Penggunaan Layanan E-Banking di Bank Syariah Indonesia Kc Metro A Yani

Juliansyah, Okta (2024) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah dalam Penggunaan Layanan E-Banking di Bank Syariah Indonesia Kc Metro A Yani. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Okta Juliansyah.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan teknologi informasi dalam industri perbankan telah mengalami perkembangan pesat dengan munculnya layanan perbankan elektronik atau E-Banking. Di Indonesia, industri perbankan syariah juga mengalami perkembangan yang signifikan dalam menerapkan teknologi E-Banking. Salah satu bank syariah yang menghadirkan layanan E-Banking adalah Bank Syariah Indonesia (BSI), khususnya Kantor Cabang (KC) Metro A Yani. E-Banking di BSI tidak hanya memfasilitasi transaksi keuangan, tetapi juga menjadi bagian penting dari upaya bank untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada nasabah. Minat nasabah dalam menggunakan layanan E-Banking dipengaruhi oleh berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi minat nasabah dalam menggunakan layanan E-Banking di BSI KC Metro A Yani.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitiannya bersifat deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah terhadap penggunaan layanan E-Banking BSI KC Metro A Yani yang paling dominan dari faktor internal yaitu faktor pekerjaan dan motivasi karena kemudahan akses dan pengelolaan rekening yang dapat dilakukan secara online, efisiensi waktu dan tenaga yang ditawarkan, serta fitur keamanan canggih yang membuat mereka merasa lebih aman dalam bertransaksi. Sedangkan dari faktor eksternal yang paling dominan mempengaruhi minat nasabah yaitu kualitas pelayanan dan reputasi bank karena E-Banking BSI menyediakan fitur keamanan yang canggih, seperti verifikasi dua faktor dan enkripsi data, sehingga bias melakukan transaksi dengan percaya diri dan memprioritaskan keamanan nasabah dalam setiap transaksi dan layanan yang mereka tawarkan.

Kata Kunci: Faktor-Faktor, Minat Nasabah, Layanan E-Banking

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 19 Feb 2025 03:58
Last Modified: 19 Feb 2025 03:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10797

Actions (login required)

View Item View Item