Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru dalam Membangun Karakter Kedisiplinan Peserta Didik di TK Aisyiyah Busthanul Athfal Tempuran

Fitri, Gita Setia (2024) Peran Guru dalam Membangun Karakter Kedisiplinan Peserta Didik di TK Aisyiyah Busthanul Athfal Tempuran. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
GITA SETIA FITRI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi peserta didik sejak lahir sampai dengan usia enam tahun. Seorang guru adalah salah satu unsur penting dalam dunia pendidikan. Guru diumpamakan
tokoh-tokoh yang membentuk karakter peserta didik sebagai generasi masa depan bangsa yang cerdas dan berkarakter. Di dalam proses pendidikan guru bertanggung jawab penuh terhadap perkembangan yang dialami oleh para peserta didik nya.

Penelitian ini bermaksud untuk membahas peran guru dalam mengembangkan kedisiplinan peserta didik, dan apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung membangun karakter kedisiplinan peserta didik di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tempuran. Metode yang digunakan dalam peneliti ini adalah penelitian kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik usia 5-6 tahun yang berjumlah 26 peserta didik, dan guru yang mengajar di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tempuran.

Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan secara utuh dan mendalam tentang realitas sosial dan berbagai fenomena yang terjadi di masyarakat yang menjadi subjek penelitian sehingga tergambarkan ciri, karakter, sifat, dan model dari fenomena tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam membangun karakter kedisiplinan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal tempuran dengan menanamkan kebiasaan pagi yang membentuk karakter kedisiplinan peserta didik. Dan faktor pendukung dalam membangun karakter kedisiplinan pada peserta didik adalah dengan bekerja sama dengan orang tua peserta didik, faktor penghambat dalam membangun karakter kedisiplinan pada peserta didik adalah kurangnya penerapan karakter kedisiplinan dilingkungan rumah atau luar sekolah sehingha membuat peserta didik tidak terbiasa melakukan kedisiplinan.

Kata Kunci : Peran Guru, Karakter Kedisiplinan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 24 Feb 2025 01:42
Last Modified: 24 Feb 2025 01:42
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10817

Actions (login required)

View Item View Item