Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Matematika SDIT Wahdatul Ummah Metro

Rati, Rati (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Matematika SDIT Wahdatul Ummah Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Rati.pdf - Other

Download (10MB)

Abstract

Hasil belajar digunakan sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan tindak belajar. Berdasarkan hasil prasurvey ditemukan masalah yaitu hasil belajar beberapa siswa masih rendah pada mata pelajaran matematika. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika memerlukan model pembelajaran sebagai pijakan dalam proses belajar mengajar, model yang akan digunakan pada penelitian ini yaitu Model Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ). Dari permasalahan tersebut dapat dirumuskan permasalahan yaitu ―bagaimana pengaruh model pembelajaran Learning Start With a Question (LSQ) atas hasil belajar matematika pelajar kelas IV SDIT Wahdatul UmmahMetro?. Tujuan yang akan dicapai peneliti yaitu untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh model pembelajaran Learning Start With a Question (LSQ) atas hasil belajar matematika pelajar kelas IV SDIT Wahdatul Ummah Metro.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV SDIT Wahdatul Ummah Metro tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 131 siswa. Instrumen yang digunakan tes dan observasi. Teknik analisis menggunakan uji asumsi (uji normalitas, uji homogenitas) dan uji hopotesis (uji paired t-test).

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan dengan penerapan model pembelajaran model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) menghasilkan nilai sesuai dengan kriteria pengujian apabila data tersebut memiliki nilai signifikasi < a = 0.05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil dari probabilitas (sig) 0,000 < 0,005 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) terhadap hasilbelajar matematika siswa kelas eksperimen.

Kata Kunci : LSQ, Hasil Belajar, Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 24 Feb 2025 01:34
Last Modified: 24 Feb 2025 01:34
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10830

Actions (login required)

View Item View Item