Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Efektivitas Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Metro

Hanafi, M. Khaidir (2024) Efektivitas Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Metro. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
M. KHAIDIR HANAFI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan penulis pada penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang dirasa dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu: a. Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran CTL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. b, Untuk mengetahui model pembelajaran model pembelajaran CTL meningkatkan motivasi belajar peserta didik. c. Untuk mengetahui Model Pembelajaran CTL efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah jenis penelitian yang sifatnya dapat dihitung menggunakan angka secara langsung. Teknik pengambilan data menggunakan angket, observasi, dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Metro.

Setelah melakukan uji statistik menggunakan uji t memperoleh hasil penggunaan model pembelajaran CTL efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik Hal ini dibuktikan dengan pengujian terpisah (parsial) maupun secara bersamaan. Sedangkan secara bersamaan juga efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, hal ini juga dibuktikan dengan uji statistik menggunakan uji F.

Untuk mengetahui tingkat keefektifan CTL Terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik, maka penulis melakukan uji korelasi determinasi, dan mendapatkan hasil penggunaan model CTL efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis sebesar 53%, sedangkan penggunaan CTL efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan tingkat keefektifan sebesar 47%. secara bersamaan penggunaan model CTL efektif dalam meningkatkan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik sebesar 57%. Jadi dapat disimpulkan penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik, baik secara terpisah maupun secara bersamaan dengan tingkat persentase 57% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor yang lain seperti minat dalam diri peserta didik, motivasi guru, orang tua dan lain sebagainya.

Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, berpikir kritis, Motivasi belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pascasarjana
Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ita Noviatiningsih .
Date Deposited: 25 Feb 2025 02:25
Last Modified: 25 Feb 2025 02:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10853

Actions (login required)

View Item View Item