Saputri, Maya Aprilia (2024) Pengembangan Media Wayang Alfabet untuk Mengenalkan Keaksaraan Awal pada Anak Usia 4-5 Tahun. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
MAYA APRILIA SAPUTRI.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Pengembangan media wayang alfabet di TK Kartini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang masih kesulitan untuk mengenali bunyi huruf serta nama huruf yang ada di papan tulis. Masalah lain yang ditemukan yaitu ketika anak mulai diajarkan dengan huruf kecil masih banyak peserta didik yang terlihat bingung untuk membedakan huruf yang memiliki bentuk hampir sama seperti huruf “b” dan “d”, “p” dan “q” kemudian juga huruf “m” dan “w”. Selain itu dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan selama ini belum menerapkan model pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan sehingga peserta didik sering kali kurang tertarik dan merasa bosan. Tujuan dari penelitian tentang pengembangan media wayang alfabet untuk mengenalkan keaksaraan awal pada anak usia 4-5 tahun adalah untuk memfasilitasi dan memberikan solusi
terhadap permasalahan tersebut.
Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau yang dikenal dengan sebutan Research and Development (R&D). Model yang dikembangkan merujuk pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa angket, panduan wawancara, dan rubrik penilaian peserta didik.
Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa media wayang alfabet. Produk tersebut telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Rekomendasi dari para ahli mengenai produk yang dihasilkan yaitu kejelasan bentuk huruf dari desain wayang, menambahkan desain pada seluruh sisi kotak penyimpanan, penambahan teori ukuran wayang dan kegiatan bernyanyi dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Rekomendasi dari ahli media dan ahli materi tersebut telah dilakukan tindakan perbaikan dan dinyatakan sangat layak untuk diujicobakan
dengan persentase rata-rata sebesar 98,86% dengan kriteria sangat layak. Hasil ujicoba dilakukan pada peserta didik sebanyak 19 responden dalam mengenalkan keaksaraan awal memperoleh persentase rata-rata sebesar 87,79% dengan ktiteria sangat layak dan efektif. Sehingga dapat disimpulkan pengembangan media wayang alfabet dalam mengenalkan keaksaraan awal pada anak usia 4-5 tahun sangat layak dan efektif untuk diterapkan.
Kata Kunci: Keaksaraan awal, Media Wayang Alfabet, Mengenal Huruf
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 02:26 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 02:26 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10861 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |