Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Kurikulum Rumpun Pendidikan Agama Islam Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembentukan Nilai Karakter Siswa MTs Muhammadiyah Metro.

Sari, Diah Arum (2025) Pengembangan Kurikulum Rumpun Pendidikan Agama Islam Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembentukan Nilai Karakter Siswa MTs Muhammadiyah Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
DIAH ARUM SARI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Pegembangan kurikulum pembelajaran di satuan pendidikan tidak memperhatikan nilai-nilai budaya/kearifan lokal. Keberagaman latar belakang siswa di sekolah dan masyarakat pada umunya baik sosial, budaya, suku, maupun ekonomi menjadi suatu hal yang tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, pendidikan berbasis kearifan lokal dirasa sangat penting untuk menjaga kekayaan budaya bangsa dan pembentukan nilai karakter siswa di sekolah sebagai strategi dalam pembangunan nasional.

Fokus dalam penelitian ini adalah 1) Apa saja nilai-nilai karakter kearifan lokal yang menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama islam di MTs Muhammadiyah Metro 2) Bagaimana pelaksanaan pengembangan kurikulum pendidikan Agama Islam berbasis kearifan lokal di MTs Muhammadiyah Metro? 3) Bagaimana internalisasi nilai-nilai karakter kearifan lokal di MTs Muhammadiyah Metro?

Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan model penelitian kualitatif lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data terdiri dari tiga aktivitas yang berlangsung yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum rumpun pendidikan agama islam berbasis kearifan lokal dalam pembentukan nilai karakter siswa di MTs Muhammadiyah Metro sudah dilaksanakan dengan maksimal melalui tahapan secara terstruktur dengan dasar hasil dari evaluasi capaian target kurikulum lalu dimulai dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi kembali. Pembentukan nilai karakter dilakukan dengan kegiatan belajar mengajar di kelas dan diintegrasikan dengan kegiatan di luar kelas seperti, piket kelompok menjaga kebersihan lingkungan, menyambut siswa lainnya, shalat dhuha, dan pembelajaran tahfidz. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara kontekstual dengan mengamati karakter/adab masyarkat umum yakni pengendara mobil dan motor di depan sekolah (lampu lalu lintas), selain itu juga dilakukan kegiatan pengamatan secara langsung di pasar metro untuk memahami kegiatan ekonomi, serta praktik ibadah haji dan umroh di masjid Taqwa Metro. Nilai karakter yang tertanam dalam diri siswa yakni nilai tanggung jawab, gotong royong, mandiri, disiplin, patuh, menghargai dan menghormati baik guru, teman maupun lingkungan.

Kata Kunci: Kurikulum, Kearifan Lokal, Karakter siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pascasarjana
Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ita Noviatiningsih .
Date Deposited: 03 Mar 2025 07:18
Last Modified: 03 Mar 2025 07:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10881

Actions (login required)

View Item View Item