Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Metode Eksperimen pada Pembelajaran IPA Kelas IV MI Al Islam Bina Karya Putra

Fauziyah, Lailatul (2024) Implementasi Metode Eksperimen pada Pembelajaran IPA Kelas IV MI Al Islam Bina Karya Putra. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Lailatul Fauziyah.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan yang ada di MI Al Islam Bina Karya Putra menarik peneliti mengambil judul implementasi metode eksperimen pada pembelajaran IPA kelas IV MI Al Islam Bina Karya Putra adalah pada dasarnya kurangnya pemahaman konsep pada siswa serta ketidak senangannya siswa pada mata pelajaran IPA. Untuk menunjang pemebelajaran tersebut guru kelas IV menggunakan metode eksperimen yang dimaksud untuk memudahkan siswa memahami konsep pembelajaran dengan mempraktekannya langsung. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pembelajaran metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Al Islam Bina Karya Putra. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptis kualitatif. Subjek penelitian ini
adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV MI Al Islam Bina Karya Putra. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara/interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) data hasil belajar menggunakan tes tertulis, pada siswa kelas IV MI Al Islam Bina Karya Putra yang berjumblah 15 siswa ada 10 siswa termasuk kategori baik da nada 5 siswa termasuk terkategori sedang. Siswa kelas IV sudah mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) dengan nilai KKTP 60. 2) data hasil wawancara meliputi; a)
implementasi metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Al Islam Bina Karya Putra meliputi; perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. b) faktor pendukung metode eksperimen meliputi: (1) adanya buku pembelajaran, (2) adanya alat dan bahan yang sudah disiapkan, (3) adanya alat peraga, (4) dari lingkungan sekitar, (5) respon peserta didik dan antusiannya. C) faktor penghambat metode eksperimen meliputi: (1) kurangnya persiapan dan pengalaman pada diri guru, (2) eksperimen memerlukan waktu yang panjang, (3)
kurang lengkapnya alat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 28 Feb 2025 08:26
Last Modified: 28 Feb 2025 08:26
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10911

Actions (login required)

View Item View Item