Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Keterampilan Guru dalam Memberi Penguatan Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Riyadlatul `Ulum Desa Bumiharjo Kecamatan Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020

Amran, . (2020) Pengaruh Keterampilan Guru dalam Memberi Penguatan Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Riyadlatul `Ulum Desa Bumiharjo Kecamatan Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI AMRAN - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pencapaian hasil belajar tidak terlepas dari keterampilan gurudalam mengelola pembelajaran. Dalam hal ini, guru dituntut untuk memiliki keterampilan dasar yang dibutuhkan sebagai pendidik profesional. Keterampilan dasar mengajar (teaching skills) pada dasarnya adalah berupa bentuk-bentuk perilaku bersifat mendasar dan khusus yang harus dimiliki oleh seorang guru sebagai modal awal untuk melaksanakan tugas-tugas pembelajarannya secara terencana dan profesional.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh keterampilan guru dalam memberi penguatan terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII MTsRiyadlatul `Ulum. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahupengaruh keterampilan guru dalam memberi penguatan terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII MTsRiyadlatul `Ulum Hipotesis yang diajukan yaitu: ada pengaruh keterampilan guru dalam memberi penguatan terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII MTsRiyadlatul `Ulum. Desain penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsRiyadlatul `Ulum dengan jumlah sampel sebanyak 72orang. Pengumpulan data menggunakan angket,dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan rumus produc moment.

Hasil penelitian menunjukkanada pengaruh keterampilan guru dalam memberi penguatan terhadap hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas VIII MTs Riyadlatul Ulum. Dari hasil uji hipotesis diketahui koefisien korelasi antara keterampilan guru dalam memberi penguatan dan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak r-hitunglebih besar dari rtabelsehingga hipotesis yang diajukan, yaitu: “Ada pengaruh keterampilan guru dalam memberi penguatan terhadap hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas VIII MTs Riyadlatul Ulum Bumiharjo Batanghari Lampung Timur tahun pelajaran 2019/2020”, diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 17 Jan 2020 06:29
Last Modified: 17 Jan 2020 06:29
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1092

Actions (login required)

View Item View Item