Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Siswa Kelas II SDN 1 Selorejo

Fitriani, Nur Azizah (2024) Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Siswa Kelas II SDN 1 Selorejo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
NUR AZIZAH FTRI.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Kemampuan berhitung merupakan keterampilan dasar yang penting bagi siswa sekolah dasar, namun di SD Negeri 1 Selorejo, kemampuan ini belum mencapai target Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam operasi penjumlahan dan pengurangan akibat metode pembelajaran yang monoton dan minimnya keterlibatan siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II melalui pengintegrasian konsep pembelajaran kontekstual yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian adalah 17 siswa kelas II SD Negeri 1 Selorejo, yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi selama periode penelitian dari Agustus hingga November 2024. Setiap siklus melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang bertujuan untuk mengevaluasi peningkatan kemampuan siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CTL berbantuan alat peraga secara signifikan meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Pada siklus pertama, persentase siswa yang mencapai KKTP meningkat dari 35% menjadi 65%, dan pada siklus kedua meningkat hingga 88%. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran CTL efektif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan menyenangkan, sehingga mampu meningkatkan keterampilan berhitung siswa.

Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, kemampuan berhitung, alat peraga, Penelitian Tindakan Kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ita Noviatiningsih .
Date Deposited: 28 Feb 2025 08:24
Last Modified: 28 Feb 2025 08:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10923

Actions (login required)

View Item View Item