Asmaria, Akhni Putri (2024) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas V MI Miftahul Huda. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Akhni Putri Asmaria.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Rendahnya kualitas pendidikan matematika sering menjadi topik yang dibahas dalam berbagai penelitian. Hal ini disebabkan oleh pandangan sebagian besar peserta didik dan orang tua yang menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Banyak penelitian yang menyatakan rendahnya hasil belajar peserta didik karena kurang memahami konsep pada mata pelajaran ini. Masalah serupa juga terjadi di kelas V MI Miftahul Huda Tanggulangin Punggur, di mana hasil belajar matematika peserta didik rendah dikarenakan kurang memahami konsep pada materi pembelajaran. Beberapa faktor yang menyebabkan hal ini menganggap bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit dan tidak menyenangkan, kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita, serta faktor memecahkan permasalahan. Selama ini, guru di sekolah tersebut menggunakan model pembelajaran konvensional. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika kelas V MI Miftahul Huda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain Pre-Experimental jenis One-Group Pretest Postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V MI Miftahul Huda yang berjumlah 59 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Non-Probability Sampling dengan Sampling Purposive. Pada penelitian ini sampel yang peneliti gunakan berjumlah 19 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes essay yang kemudian di uji prasyarat dengan uji normalitas. Analisis data dilakukan dengan statistik non-parametrik, menggunakan uji hipotesis wilcoxon.
Hasil analisis dengan uji wilcoxon menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti Hipotesis Alternatif (Ha) yang diajukan diterima, dan ada pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik. maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif terhadap pemahaman konsep matematika kelas V MI Miftahul Huda.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Pemahaman Konsep, Matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ita Noviatiningsih . |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 08:24 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 08:24 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10925 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |