Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Formasi Pengaturan Tempat Duduk Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Maarif NU 6 Karya Mukti Tahun Pelajaran 2018/2019

Destiani, Elisa (2018) Pengaruh Formasi Pengaturan Tempat Duduk Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Maarif NU 6 Karya Mukti Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
ELISA DESTIANI NPM.14120105.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan kepada sebuah permasalahan belajar yang terjadi didalam kelas pada saat pembelajaran salah satunya adalah perilaku siswa yang duduk dibangku belakang lebih sering bermain, mengobrol, sebagian makan yang mengakibatkan prosesmenulis sangat lambat dan hasil belajar evaluasi siswa setelah proses pembelajaran rendah, dengan berbagai masalah tersebut maka peneliti melaksanakan eksperimen terhadap dua kelas, dengan formasi pengaturan tempat duduk yang diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan peneliti.

Penelitian ini merupakan penelitian TrueEksperimen Design dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaturan formasi tempat duduk terhadap hasil belajar pada pembelajaran matematika siswakelas III dan kelas IV MI Ma’arif NU 6 Karyamuti.

Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas III dan IVdengan sampel secara keseluruhan dengan jumlah 43 siswa.Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakaninstrumen observasi formasi pengaturan tempat duduk dan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui evaluasi diakhir pembelajaran dan dianalisis dengan menggunakan The Man Whitney U. Data hasil evaluasi kelas kontrol, jumlah siswa/N = 20 siswa, nilai terendah = 0, sedangkan nilai tertinggi 100, mean = 52.00 ;standar deviasi = 41.47. Data hasil evaluasikelas eksperimen, jumlah siswa/N = 23 siswa, nilai terendah = 60, sedangkan nilai tertinggi 100, mean = 80,00; standar deviasi = 20,00.Kelas kontrol memperoleh rata-rata 52 dan kelas eksperimen memperoleh rata-rata 80 dengan perbedaan nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 2.8.

Berdasarkan hasil analisis data menggunakan The Man Whitney U diperoleh hasil sebesar 0.003 < 0.005 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh formasi pengaturan tempat duduk terhadap hasil belajar matematika siswakelas III dan IVMI Ma’arif NU 6 Karyamuti, berdasarkan hasilanalisis tersebut dinyatakan meningkat maka, diharapkan guru di sekolah mampu memaksimalkan Formasi Pengaturan Tempat Dudukhal ini ditujukan untuk memaksimalkan proses pembelajaran yang selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 17 Jan 2020 06:49
Last Modified: 17 Jan 2020 06:49
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1094

Actions (login required)

View Item View Item