Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru dalam Menanamkan Kedisiplinan dan Kemandirian Siswa SMA Tarbiyatul Mualimin Walmualimat Al-Islamiyah di Pondok Pesantren Roudlatul Qur’an Metro

Mala, Asnal (2025) Upaya Guru dalam Menanamkan Kedisiplinan dan Kemandirian Siswa SMA Tarbiyatul Mualimin Walmualimat Al-Islamiyah di Pondok Pesantren Roudlatul Qur’an Metro. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Asnal Mala.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Kemandirian dan kedisiplinan merupakan dua aspek penting dalam pendidikan yang berperan besar dalam membentuk karakter siswa serta kesuksesan mereka dalam proses belajar. Kemandirian mengacu pada kemampuan siswa untuk mengatur dan mengarahkan proses belajarnya sendiri, sementara kedisiplinan mencerminkan sikap konsisten dan taat terhadap aturan yang berlaku di sekolah.. Untuk mengatasi masalah ini, dibutuhkan kesadaran tentang pentingnya kedisiplinan yang melibatkan nilai-nilai tanggung jawab, ketekunan, dan keteraturan dalam kehidupan sehari-hari, serta pendekatan holistik dari berbagai pihak. Dalam konteks ini, lembaga pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan kemandirian siswa dengan menyediakan lingkungan yang mendukung, pembelajaran terarah, serta kesempatan bagi siswa untuk belajar melalui pengalaman nyata.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap dan menganalisis upaya guru dalam menanamkan kedisiplinan dan kemandirian siswa di SMA Tarbiyatul Mualimin Walmualimat Al-Islamiah Pondok Pesantren Raudlatul Qur’an Kota Metro.Diharapkan dapat memberikan rekomendasi yang berguna bagi guru dan peneliti yang lain.

Metodelogi Pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dipilih karena memungkinkan eksplorasi mendalam terhadap fenomena sosial yang tidak dapat dikuantifikasi, meliputi proses, peristiwa, dan keotentikan data.. Datadikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif untuk memahami pola dan strategi yang diterapkan guru dalam membentuk karakter disiplin dan mandiri siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memainkan peran sentral melalui penerapan aturan yang jelas, pemberian penghargaan dan sanksi, pembimbingan individu, serta komunikasi aktif dengan orang tua. Pendekatan restoratif dan pendidikan karakter juga diterapkan untuk membantu siswa memahami dan memperbaiki kesalahan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami strategi pendidikan karakter di lembaga pendidikan berbasis pesantren dan memberikan rekomendasi untuk pengembangan model pembelajaran yang lebih komprehensif. Temuan ini relevan untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan karakter di era modern.

Kata Kunci : Kedisiplinan, Kemandirian, Pendidikan Karakter

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pascasarjana
Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ita Noviatiningsih .
Date Deposited: 03 Mar 2025 07:17
Last Modified: 03 Mar 2025 07:17
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10942

Actions (login required)

View Item View Item