Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V Di SD Negeri 3 Sukaraja Tiga

Wahyuni, Sri (2024) Penerapan Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V Di SD Negeri 3 Sukaraja Tiga. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Sri Wahyuni.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan siswa kelas V SD Negeri 3 Sukaraja Tiga yang masih kurang terhadap pembelajaran matematika, karena menganggap matematika merupakan pembalajaran yang sulit. Hasil belajar siswa masih rendah pada pembelajaran matematika, siswa merasa kesulitan dengan penjabaran guru yang monoton tanpa adanya model pembelajaran sehingga mereka cenderung pasif saat pembelajaran. Sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah dan banyak yang tidak mencapai KKM 75.

Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas (PTK) yang dilaksanakan pada SD Negeri 3 Sukaraja Tiga Tahun Pelajaran 2023/2024 pada siswa kelas v. penelitian ini dirancang dua siklus yang tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari (1) Perencanaan, untuk merencanakan kegiatan pembelajaran serta menyiapkan instrument penilaian, (2) Pelaksanaan, yaitu melaksanakan kegiatan pembelajaran dikelas dengan menggunakan model pembelajaran Qiving Question and Getting Answer pada mata Pelajaran matematika (Bangun Ruang), (3) Pengamatan/Observasi, yaitu pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes hasil belajar, (4) Refleksi, yaitu menganalisis hasil pengamatan dan analisis data menggunakan rumus rata-rata.

Berdasarkan hasil penelitian ditemukan sebagai berikut: Model pembelajaran Giving Question and Getting Answer dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 3 Sukaraja Tiga. Terdapat hasil belajar siswa pada siklus I diketahui nilai rata-rata pretest 50,47 dengan tingkat ketuntasan mencapai 23,80% dan nilai rata-rata posttest 83,33 dengan tingkat ketuntasan mampu mencapai 80,95%. Sedangkan pada siklus II dapat diketahui nilai rata-rata pretest 77,61 dengan tingkat ketuntasan 66,67% serta nilai rata-rata postest 94,28 mampu mencapai ketuntasan sebesar 100%.

Kata Kunci: Penelitian Tindak Kelas, Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 03 Mar 2025 07:11
Last Modified: 03 Mar 2025 07:11
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10949

Actions (login required)

View Item View Item