Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Model Pembelajaran NHT (Number Head Together) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PKN Kelas IV MIN 1 Metro

Agustin, Syaffa Marantika (2024) Penerapan Model Pembelajaran NHT (Number Head Together) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PKN Kelas IV MIN 1 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Syaffa Marantika Agustin.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di MIN 1 Metro, yaitu rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa masih dibawah KKTP yang ditetapkan yaitu 70. Berdasarkan hasil prasurvey diketahui bahwa salah satu penyebab rendahnya hasil belajar PKn yaitu kurangnya semangat dan antusias siswa dalam belajar, pembelajaran masih terpusat pada guru dan model pembelajaran belum bervariasi. Sehingga pembelajaran kurang menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran yang berakibat membuat hasil belajar rendah.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar PKn kelas IV di MIN 1 Metro. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di MIN 1 Metro pada pembelajaran PKn dengan jumlah 28 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.

Berdasarkan hasil analisis dari penelitian diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran NHT (Number Head Together) siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Pada tes hasil belajar postest siklus I ketuntasan yang diperoleh yaitu 89% sebanyak 25 siswa mencapai KKTP, sedangkan pada siklus II ketuntasan postest adalah 93% sebanyak 26 siswa yang mencapai KKTP. Dalam hal ini dapat dibuktikan bahwa adanya peningkatan persentase dari siklus I dengan siklus II yaitu 4%. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar peserta didik ditandai dengan tercapainya KKTP dengan rata-rata ketuntasan mencapai lebih dari 75%. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan penggunaan model Numbered Head Together dapat meningkatkanhasil belajar siswa mata pelajaran PKn.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Numbered Head Together, PKn

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 03 Mar 2025 07:12
Last Modified: 03 Mar 2025 07:12
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10951

Actions (login required)

View Item View Item