Amah, Novatul (2024) Penggunaan Alat Peraga Puzzle terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika di SD N 2 Metro Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
NOVATUL AMAH.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Hasil belajar pada mata pelajaran Matematika peserta didik kelas III SD N 2 Metro Timur tahun pelajaran 2024/2025, diketahui bahwa 45% memiliki hasil belajar yang masih dibawah Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKM). Hal ini dikarenakan pendidik belum menemukan metode yang cocok dan masih terdapat beberapa peserta didik yang nilai di bawah kata tuntas. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis malakukan upaya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran matematika sebanyak 24 peserta didik dengan menerapkan alat peraga puzzle. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “Apakah penggunaan alat peraga puzzle dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 2 Metro Timur ?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : “Untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas III SD N 2 Metro Timur denga menggunakan alat peraga puzzle”.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pembelajaran dilakukan salam 2 siklus dengan 6 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini nadalah siswa kelas III di SD N 2 Metro Timur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes untuk melihat hasil belaahr siswa dan observasi digunakan untuk melihat aktivitas siswa dan guru selama mengikuti proses pembelajaran.
Berdasarkan hasil analisis dari penelitian diketahui bahwa dengan penerapan alat peraga puzzle pada mata pelajaran matematika kelas III SD N 2 Metro Timur, peserta didik mengalami peningkatakn dari siklus I sampai siklus II. Pada hasil tes posttest siklus I ketuntasan yang diperoleh yaitu 66,6% sebanyak 11 peserta didik yang belum mencapai KKM, sedangkan pada siklus II ketuntasan posttest adalah 83% sebanyak 20 peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKM). Dalam hal ini dapat dibuktikan bahwa adanya peningkatan persentase dari siklus I dengan siklus II yaitu 17%. Adanya peningkatan ini, maka sudah mencapai kriteria keberhasilan, karena indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar matematika ditandai dengan tercapainya Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKM) dengan rata-rata ketuntasan mencapai ≥75%. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan penggunaan alat peraga puzzle dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika.
Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Alat peraga puzzle, Hasil belajar Matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ita Noviatiningsih . |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 03:02 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 03:02 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10968 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |