Yustiana, Eva (2024) Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen di Toko TOP Bakery Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Eva Yustiana.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Faktor penentu kepuasan konsumen diantaranya adalah kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga. Kualitas produk adalah suatu kondisi dari sebuah b arang berdasarkan pada penilaian atas kesesuaiannya dengan standar ukur yang telah ditetapkan. Kualitas pelayanan adalah sesuatu yang secara konsisten dapat memenuhi harapan konsumen. Harga adalah sejumlah nilai yang dibebankan atas suatu produk yang diberikan oleh konsumen untuk memperoleh suatu produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen TOP Bakery Metro.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner kepada konsumen TOP Bakery Metro dengan menggunakan responden sebanyak 100 responden. Untuk menguji hasil sebaran angket penelitian ini menggunakan uji instrument penelitian yang terdiri dari validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji autokolerasi, uji heteroskedastisitas. Hasil analisis data peneliti menggunakan distribusi frekuensi dan uji regresi linier berganda. Hasil pembuktian hoipotesis penelitian ini menggunakan uji parsial ( uji t), uji simultan (uji f) dan uji determinasi (R2 ).
Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda Y= 6,691+ 4,692+14,265+3,518 maka Y=29,166. Dari hasil uji t membuktikan bahwa secara parsial variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai t-hitung > t-tabel yaitu (4,692 > 1,660) dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 hipotesis Ha1 diterima Ho1 ditola. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai t-hitung > t- tabel yaitu (14,265 > 1,660) dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 hipotesis Ha2 diterima dan Ho2 ditolak. Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai t- hitung > t-tabel yaitu (3,518 > 1,660) dengan nilai signifikasi 0,0001 < 0,05 hipotesis Ha3 diterima dan Ho3 ditolak. Kemudian dari hasil uji F membuktikan bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen TOP Bakery Metro dengan nilai F-hitung lebih besar dari F-tabel yaitu (102,216 > 3,980) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka dapat dipahami bahwa Ha4 diterima dan Ho4 ditolak. Penelitan ini menyimpulkan bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga mempunyai pengaruh yang positif signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan konsumen TOP Bakery Metro.
Kata Kunci: Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 04:26 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 04:26 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10985 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |