Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Fitur-Fitur Pada Tiktokshop Terhadap Keputusan Pembelian Alat-Alat Kecantikan Konsumen Remaja Dengan Persepsi Kemudahan (Easy To Use) Sebagai Variabel Moderasi

Ambarika, Febi (2024) Pengaruh Fitur-Fitur Pada Tiktokshop Terhadap Keputusan Pembelian Alat-Alat Kecantikan Konsumen Remaja Dengan Persepsi Kemudahan (Easy To Use) Sebagai Variabel Moderasi. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Febi Ambarika.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

TikTok Shop merupakan salah satu layanan social commerce yang menyediakan layanan belanja online serta media sosial yang terintegrasi. Fenomena ini memberikan pengalaman bagi pengguna dalam melakukan pembelian secara langsung dengan berbagai fitur yang tersedia di TikTok Shop, termasuk live streaming, online customer review dan online customer rating. Penelitian ini bertujuan untuk memahami sejauh mana fitur-fitur tersebut berpengaruh terhadap keputusan pembelian alat-alat kecantikan dengan mempertimbangkan peran moderasi dari persepsi kemudahan (easy to use).

Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Non-Probability Sampling dengan sampel 68 responden yang dilakukan dengan penyebaran kuesioner Google Form. Metode analisis data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda serta Analisis Regresi Moderasi (Moderated Regression Analysys/ MRA), dengan alat uji SPSS 25.

Hasil analisis regresi linear berganda secara parsial, menunjukkan bahwa live streaming berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian, online customer review berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dan online customer rating berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, persepsi kemudahan (easy to use) memainkan peran penting sebagai variabel moderasi. Persepsi kemudahan (easy to use) memperkuat pengaruh negatif live streaming terhadap keputusan pembelian. Persepsi kemudahan (easy to use) memperkuat pengaruh positif online customer review, dan memperlemah pengaruh online customer rating terhadap keputusan pembelian. Namun, persepsi kemudahan (easy to use) secara simultan tidak mampu memoderasi pengaruh fitur-fitur pada TikTok Shop terhadap keputusan pembelian alat-alat kecantikan konsumen remaja.

Kata Kunci : Fitur-Fitur TikTok Shop, Keputusan Pembelian, Persepsi Kemudahan (Easy to Use)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 07 Mar 2025 02:21
Last Modified: 07 Mar 2025 02:21
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10995

Actions (login required)

View Item View Item