Saputra, Fransida (2024) Pengaruh Presepsi Pemberian Bonus Terhadap Kesejahteraan Driver Ojek Online Grab Se-Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Fransida Saputra.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Kesejahteraan telah dianggap sebagai indikator pertumbuhan yang tinggi dalam konteks pembangunan ekonomi. Dalam perkembangan ekonomi suatu negara, transportasi adalah salah satu yang sangat penting, karena transportasi menjadi salah satu landasan pembangunan ekonomi dan perkembangan masyarakat serta pertumbuhan industrialisasi. Grab adalah salah satu transportasi ojek online yang pertama kali hadir di Kota Metro, dan kepopuleran transportasi ojek online Grab cukup tinggi dibandingkan dengan ojek online lainnya. Karena kepopulerannya yang cukup tinggi, peneliti memilih Grab sebagai objek penelitian dibandingkan dengan ojek online yang lainnya; dengan jumlah driver- nya yang lebih banyak dibandingkan dengan ojek online yang lainnya, oleh karena itu Grab menyumbang perbaikan ekonomi para driver Grab di wilayah Kota Metro.
Berkaitan dengan sisitem bonus yang diterapkan oleh pihak Grab terdapat beberapa hal yang mempengaruhi kesejahteraan driver Grab yaitu: banyak persaingan antar driver sehingga sulit mencapai bonus, sistem bonus yang berbeda dari tahun 2018 dengan tahun 2023 contohnya nilainya lebih besar tetapi jam operasional bonus yang terbatas dan bonus bulanan seperti diskon perawatan motor tidak tersedia di Kota Metro. Selanjutnya untuk mengetahui dan menganalisis lebih dalam terkait pengaruh pemberian bonus, peneliti menggunakan indikator pemberian bonus sebagai indikator penelitian yaitu posisi/jabatan, kualitas kerja, masa kerja, dan pencapaian target.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini dilakukan dengan metode pokok dan metode pendukung yaitu kuisoner dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh driver Grab aktif di seluruh wilayah Kota Metro yaitu berjumlah 343 orang, dan dari populasi tersebut didapatkan hasil responden sebesar 77 orang menggunakan teknik random sampling dengan kelonggaran 10%. Hasil penelitian ini yaitu posisi/jabatan, kualitas kerja, masa kerja, dan pencapaian target tidak berpengaruh signifikan secara persial maupun secara simultan terhadap kesejahteraan driver ojek online Grab di Kota Metro.
Kata Kunci: Kesejahteraan, Posisi Jabatan, Kualitas Kerja, Masa Kerja, Pencapaian Target.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 02:21 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 02:21 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10996 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |