Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis strategi marketing dalam pencapaian target menghimpun dana pihak ketiga di BRI Syariah KCP Bandar Jaya

Liana Ardiyanti, Rani (2019) Analisis strategi marketing dalam pencapaian target menghimpun dana pihak ketiga di BRI Syariah KCP Bandar Jaya. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 146.FEBI.2019.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan bank mencapai tujuan dan sasaran yang ditetapkan khususnya dalam menghimpun Dana Pihak Ketiga (DPK) sangat dipengaruhi oleh kemampuan bank memasarkan produknya, oleh sebab itu dibutuhkan strategi pemasaran yang efektif dan efisien terhadap semua elemen pemasaran. Elemen pemasaran yaitu product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process. Namun seringkali penerapan dari strategi marketing tersebut tidak sesuai dengan harapan. Begitupun dengan BRI Syariah KCP Bandar Jaya dimana Dana Pihak Ketiga (DPK) di tahun 2018 mengalami penurunan sementara bank tersebut sudah menerapkan strategi marketing yang dimilikinya. Hal ini mengindikasikan bahwa strategi marketing yang dilakukan BRI Syariah KCP Bandar Jaya kurang efektif atau pelaksanaannya kurang optimal.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan strategi pemasaran yang dilakukan BRI Syariah KCP Bandar Jaya meliputi 7P yaitu product, price, promotion, place, people, process dan physical evidence. Strategi product yaitu menciptakan variasi produk dan fasilitas yang tidak dimiliki bank lain seperti Tabungan Impian. Strategi price yaitu dengan memberikan harga sesuai pasaran dengan rate yang tinggi serta special rate untuk deposan dengan dana tertentu. Strategi promotion yaitu dengan memperbanyak data base, referral, pendekatan persuasif serta melakukan grebek pasar. Strategi place yaitu dengan memilih lokasi yang strategis. Strategi people yaitu dengan lebih mengutamakan karakter karyawannya dan melakukan pelatihan guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Strategi process yaitu memberikan kemudahan untuk menjadi nasabah funding cukup dengan KTP serta strategi physical evidence yaitu memberikan pelayanan sebaik mungkin dengan menyediakan mushola bagi nasabah yang ingin beribadah. Strategi-strategi tersebut tidak mampu dioptimalkan secara maksimal oleh BRI Syariah KCP Bandar Jaya karena faktor Sumber Daya Manusia (SDM) yang bukan dari perbankan, target lending yang terlalu tinggi sehingga pemasaran produk funding kurang optimal,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Oct 2019 03:27
Last Modified: 11 Oct 2019 03:27
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/110

Actions (login required)

View Item View Item