Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) pada Siswa SDN 8 Metro Barat

Fentika, Ade Gilda (2025) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) pada Siswa SDN 8 Metro Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
ADE GILDA FENTIKA.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Rendahnya Kemampuan membaca pemahaman peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 8 Metro Barat yang dilihat berdasarkan pada hasil belajar siswa yang masih belum mencapai Ketuntasan Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang telah ditetapkan, yaitu ≥ 70. Hasil prasurvey menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa diantaranya peserta didik kurang memiliki motivasi untuk melakukan aktivitas membaca dikarenakan tema bahan bacaan yang digunakan kurang menarik bagi siswa. Keajegkan penggunaan model pembelajaran yang digunakan kurang membantu merangsang siswa dalam memahami suatu bacaan atau informasi yang diberikan sehingga siswa merasa jenuh dalam membaca. Kurangnya kemampuan membaca pemahaman ini menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan yang berakibat terhadap rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 8 Metro Barat. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Setiap siklus memiliki empat tahapan kegitan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 8 Metro Barat, dengan total siswa sebanyak 25 anak, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan mencakup lembar tes, observasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data meliputi analisis kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kemampuan membaca pemahaman pada siklus I adalah sebesar 40% dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 44% menjadi 84%. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa yang ditandai dengan tercapainya Ketuntasan Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dengan rata-rata ketuntasan mencapai lebih dari 75%. Hasil tersebut memperkuat bahwa Model Cooperative Integrated Reading And Composition CIRC dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman secara signifikan pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 8 Metro Barat tahun pelajaran 2024/2025.

Kata Kunci: Kemampuan Membaca Pemahaman, Cooperative Integrated Reading And Composition

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ita Noviatiningsih .
Date Deposited: 15 Apr 2025 02:10
Last Modified: 15 Apr 2025 02:10
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11021

Actions (login required)

View Item View Item