Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar

Shafa, Restu Dhiya (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
RESTU DHIYA SHAFA.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik khususnya pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 3 Metro Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental one group pretest-postest design. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Metro Barat yang berjumlah 18 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh, dimana seluruh populasi dalam penelitian ini dijadikan sebagai sampel. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji hipotesis dan uji N-Gain. Karena data pretest tidak berdistribusi normal (0,000<0,05) sedangkan data postest berdistribusi normal (0,120>0,05), maka uji hipotesis menggunakan uji non-parametrik Wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan penelitian diperoleh hasil uji hipotesis menggunakan uji non-parametrik Wilcoxon yakni diperoleh nilai Sig. 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari probabilitas 0,05 (0,000<0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 3 Metro Barat.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ita Noviatiningsih .
Date Deposited: 15 Apr 2025 02:10
Last Modified: 15 Apr 2025 02:10
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11022

Actions (login required)

View Item View Item